Gunungkidul Darurat Banjir, Dua Desa Terparah Jadi Fokus Evakuasi

Berbagisemangat.comBencana banjir yang terjadi Selasa (28/11) merendam sedikitnya ratusan rumah warga Kabupaten Gunungkidul. Diantara sejumlah desa yang dilanda banjir, terdapat 2 desa terparah yang saat ini menjadi focus evakuasi oleh petugas gabungan TNI, Polri, BPBD dan relawan.

Dandim 0730/Gunungkidul, Letkol Inf Muhammad Taufik Hanif melalui Kasi Ops Kapten Inf Sugiharto mengatakan bencana banjir terparah berada di Padukuhan Bonjing, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo dan Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu.

Masih banyak korban di 2 lokasi itu yang belum terevakuasi sejak kemarin lantaran kondisi tidak memungkinkan. Untuk air memang sejak dini hari sudah mulai surut, namun ketinggian air masih belum normal. Sebab, masih di atas 1,5 meter.

“Semua anggota TNI kami kerahkan ke dua lokasi itu. Karena memang dua desa tersebut dalam kondisi darurat dan mendesak untuk dievakuasi,” kata Kapten Inf Sugiharto, Rabu (29/11/2017).

Selain dua desa yang menjadi fokus evakuasi, anggota TNI juga dikerahkan ke Rongkop-Girisubo dan Gedangsari. Karena di lokasi tersebut juga ada warga yang belum dievakuasi.

Dari data yang masuk ke Kodim 0730/Gunungkidul, hampir setiap kecamatan dilanda bencana baik banjir, longsor, tanah gerak dan pohon tumbang.

Adapun proses evakuasi yang dilakukan oleh TNI dan relawan lainnya menggunakan alat seadanya. Jika tidak terjangkau, nantinya akan menggunakan alat tambahan seperti perahu karet dan alat lainnya.

Lanjut Sugiharto, kebutuhan yang mendesak bagi korban bencana diantaranya makanan, obat-obatan, pakaian, dan tempat pengungsian. Pasalnya untuk tempat pengungsian yang aman dari banjir sudah hampir penuh.

“Makanan siap santap yang paling pokok, kasihan para korban kalau mau masak tidak ada tempat dan bahan,” tambahnya.

Sementara untuk korban jiwa pihaknya belun bisa memastikan karena belum mendapat laporan dari danramil dan anggota yang siaga di setiap lokasi.

“Kita 24 jam siaga terus. Gerak cepat agar tidak ada korban jiwa dan musibah dapat segera teratasi,” tutupnya.

( Sorot Gunungkidul)

Related posts

Leave a Comment