Administrasi Tak Lengkap, Bayi di Brebes Meninggal Karena Ditolak berobat Puskesmas

Berbagisemangat.com – Lagi-lagi berita tentang anak meninggal gara-gara kendala biaya rumah sakit. Baru-baru ini terjadi lagi dan mirisnya penyebabnya pun sama. “ADMINISTRASI”.

Kali ini terjadi di Berebes, seorang bayi meninggal karena ditolak puskesmas untuk berobat.

Mengutip detik, puskesmas Sidamulya di Kecamatan Wanasari, Brebes mengakui ada petugas yang menjalankan tugasnya tidak sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Petugas tersebut diakui lalai karena menolak kedatangan bayi sakit dalam kondisi darurat hanya karena kurang syarat administrasi.

Pernyataan ini dikemukakan oleh Kepala Puskesmas Sidamulya, dr Arlinda, saat ditemui di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes.

“Saya sudah klarifikasi ke karyawan tadi pagi. Intinya mengakui ada kesalahan saat melayani pasien. Petugas itu sudah mengaku telah melanggar SOP pelayanan,” terang dr Arlinda, Senin (11/12/2017).

Menurut Arlinda, saat pasien datang ditemui oleh dua orang yakni Ibu Casma, petugas pendaftaran dan satu petugas lainnya yang masih magang. Petugas itu menolak menerima pasien karena alasan tidak lengkap administrasinya.

“Dia sudah mengakui tidak sesuai SOP. Padahal sesuai standar SOP, siapapun yang datang dalam kondisi darurat harus segera mendapatkan pertolongan. Semua persyaratan administrasi harus dikesampingkan dulu, itu bisa dilengkapi menyusul,” tegasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, Sri Gunadi Purwoko, juga menyayangkan kejadian itu. Menrutnya, semua petugas Puskesmas harusnya mengutamakan pasien yang datang dalam kondisi darurat. Prosedur itu sudah diterapkan pada semua Puskesmas di Brebes.

“Sebenarnya kita mengutamakan konsep kedaruratan tanpa melihat apa-apa. Apapun itu, baik korban kecelakaan maupun karena sebab lain harus masuk dulu dan ditangani, baru proses administrasi menyusul kemudian,” papar Sri Gunadi.

Mengenai kemungkinan ada kesalahan, Dinkes Brebes akan menindaklanjutinya dengan meminta keterangan dari pihak keluarga pasien dan petugas. Jika ada kesalahan petugas maka petugas itu akan ditindak sesuai prosedur yang berlalu.

Related posts

Leave a Comment