Noor Hafidzah Mohd. Idrus, Si Mungil Berhijab Pilot Air Asia

Berbagisemangat.com – Meski di dunia barat wanita berhijab seringkali dipandang tertindas dan menderita, nyatanya banyak wanita berhijab yang mengukir prestasi di kancah internasional. Salah satunya adalah Noor Hafidzah Mohd. Idrus yang berkarir sebagai pilot Air Asia di Malaysia.

Seperti dilansir dari mynewshub.cc, perempuan berusia 31 tahun yang kerap disapa Fizzy ini kini menjabat sebagai Senior First Officer (Kapten) di maskapai AirAsia dan sedang bertugas di AirAsia X. Meski bertubuh mungil, Fizzy bahkan terbiasa menerbangkan pesawat komersil berjenis Airbus.

Menjadi pilot memang cita-cita Fizzy sejak kecil. Namun, karena tak ingin mengecewakan orangtuanya yang menginginkan Fizzy berkarir di bidang medis, Fizzy kemudian kuliah di jurusan matrikulasi di Londang, Melaka. Namun, Fizzy kemudian beralih ke jurusan Multimedia di Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM).

Saat kuliah baru masuk di pertengahan tahun kedua, Fizzy tergoda iklan AirAsia yang mencari kandidat pilot. Fizzy pun meninggalkan kuliahnya dan mendaftar tanpa sepengetahuan keluarga. Gadis kelahiran 21 September 1984 ini menjalani pendidikan penerbangan di Akademi Penerbangan Malaysia.

Fizzy merahasiakan keputusannya ini dari kedua orangtuanya, baru ketika karirnya stabil di dunia penerbangan, Fizzy memberitahu kedua orangtuanya yang cukup berat untuk menerima kenyataan. Enam tahun berkarir sebagai pilot, kedua orangtua Fizzy, Mohd Idrus Abdul Hamid dan Rohaya Kassim pun akhirnya merestui pilihan anaknya dan memberikan kepercayaan penuh.

Fizzy juga berjanji akan melakukan yang terbaik untuk berkarir di profesi yang didominasi kaum laki-laki ini sehingga membuat kedua orangtuanya memberinya restu.

Sukses terus, ya, Fizzy…

Related posts