Israel Dakwa Ahed Tamimi Remaja Palestina Penampar Tentara

Berbagisemangat.com – Israel mendakwa Aher Tamimi, 16 tahun, remaja Palestina penampar tentaranya,dengan tuduhan penyerangan, Senin (1/1), Insiden itu membuat Ahed dielu-elukan sebagai pahlawan oleh bangsa Palestina, dan dipandang memalukan oleh kubu sayap kanan Israel.

Aparat Israel telah menahan Ahed, setelah video yang memperlihatkan dia memukul tentara Israel di dekat rumahnya Desa Nabi Saleh, Tepi Barat beredar viral 15 Desember lalu. Menurut pihak militer, Ahed melempari tentaranya dengan batu.

Insiden itu membuat Ahed kian terkenal dan dianggap pahlawan. Surat kabar sayap kiri Israel, Haaretz menyebut kasus itu bisa menjadikan Ahed sebagai Joan de Arc-nya Palestina. Joan de Arc adalah pahlawan perempuan Prancis.

Namun kubu sayap kanan Israel memperdebatkan bahwa tentara tampak lemah dengan tidak membalas serangan Ahed. Militer Israel membantah hal tersebut dengan menyatakan si tentara bertindak profesional dengan sikap menahan diri.

Dakwaan terhadap Ahed, seperti dilaporkan kantor berita Reuters, termasuk penyerangan terhadap tentara hingga menderita memar di alisnya. Ahed juga dianggap mengganggu tentara yang sedang melaksanakan tugas dan melempari si tentara dengan batu.

Menurut kantor berita AFP, ada 12 dakwaan terhadap Ahed. Lima dakwaan juga diajukan terhadap ibunya, Nariman serta sepupunya, Nour, 20 tahun.

(Cnnindonesia)

Related posts