Sederhanakan Teori Relativitas Einstein, Gadis Ini Kantongi Miliaran Rupiah

Berbagisemangat.com – Namanya Hillary Diane Andales. Usianya baru 18 tahun. Ia pun masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) di salah satu sekolah di Filipina. Meski usianya terbilang masih sangat muda, Hillary telah mencatatkan namanya sebagai salah satu siswa cerdas dan berprestasi tingkat dunia.

Baru-baru ini, ia bahkan mendapatkan hadiah sebesar Rp5,3 Miliar atas prestasi dan penemuan mengagumkannya. Dilansir dari laman independent.co.uk, Hillary sudah berhasil menyederhanakan Teori Relativitas Einstein. Di saat tidak sedikit orang dibuat pusing dan malas mendalami teori Fisika seperti gravitasi kuantum, termodinamika hingga relativitas, Hillary justru sangat menyukai dan memperdalam teori-teori ini.

Teori Relativitas Einstein dijelaskan dengan baik dan menarik/copyright youtube.com/Breakthrough

Gadis asal Filipina ini membuat video singkat yang menjelaskan Teori Relativitas dengan sangat sederhana, mudah dipahami, memiliki animasi yang menarik dan memudahkan siapa saja mempelajarinya. Atas apa yang dibuatnya inilah, ia pun berhasil memenangkan The Breakthrough Junior Challenge 2017 dan mendapat hadiah total Rp5,3 Miliar, di mana Rp3,3 Miliar hadiahnya berupa beasiswa

Di bidang ilmu pengetahuan, The Breakthourgh Prize sendiri diibaratkan sebagai Oscars. Ini merupakan ajang bergengsi dan memberikan penghargaan pada orang-orang yang menyumbangkan penemuan terbaru di bidang Fisika, Kimia, Matematika, Biologi, Ilmu Kedokteran dan sejenisnya. Bagi Hillary, menorehkan namanya sebagai siswa berprestasi tingkat dunia tak hanya didapatnya kali ini saja. Sebelumnya, tepatnya tahun 2016 ia juga pernah meraih prestasi juara umum di jenis kompetisi sama.

Meski telah mengantongi uang Miliaran Rupiah, ini tak lantas membuat gadis ini tinggi hati juga sombong. Sedikitnya Rp644 juta hadiahnya diberikan kepada guru dan semua pihak yang membantunya menyelesaikan penemuannya. Sisa hadiahnya, ia sumbangkan ke laboratorium riset negara.

Semua orang diharapkan bisa mendalami teori ini dengan mudah/copyright youtube.com/Breakthrough

Dari video atau penemuannya, Hillary berharap semua orang bisa mempelajari ilmu Teori Relativitas dengan mudah. Ia juga berharap bahwa mereka yang masih awam dengan ilmu sains bisa lebih memahami dan menyukai sains.

Related posts