Kisah Unik Pria di India, Siang Mengemis Malam Hari Jadi Pebisnis

Berbagisemangat.com – Jika kebanyakan orang hanya memiliki satu profesi utama, berbeda halnya dengan pria asal India bernama Chhotu Baraik. Chotu yang tinggal di Chakradharpur bagian barat distrik Singhbhum ini menjalankan dua profesi yang sangat berbeda seratus delapan puluh derajat.

Di siang hari, pria dengan tiga istri ini mencari nafkah dengan mengemis. Namun malam harinya ia berganti pekerjaan menjadi seorang pebisnis menjalankan usaha dengan 20 karyawan.

Kok bisa?

Ternyata hal ini bisa terjadi berkat keputusan Chhotu untuk menginvestasikan semua uang hasil mengemis. Dalam sebulan, Chhotu bisa mendapat penghasilan dari hasil mengemis sebesar 30 ribu rupee atau Rp 6,3 juta.

Dari uang itulah kemudian ia membuka berbagai bisnis. Hingga kini ia memiliki dua jenis perusahaan.

Perusahaan yang pertama menjual berbagai perlengkapan dan mendapat bantuan salah satu istrinya untuk mengakomodir urusan operasional. Sementara bisnis Chotu yang satu lagi bergerak di bidang distributor produk kesehatan dan perawatan. Penghasilannya total yang ia dapat dari berbisnis mencapai 1 juta rupee atau Rp 211,3 juta sebulan.

”Awalnya saya berusaha keras untuk memenuhi kebutuhan saya, namun kemiskinan terus menghantui saya seperti bayangan saya. Saya berpaling untuk mengemis dan mendapatkan banyak uang. Saya menginvestasikannya ke berbagai bisnis untuk mendapatkan keuntungan yang bagus,” kata Chhotu seperti dilansir dari Gulfnews, Rabu (10/1/2018).

Meski bisnisnya terus berkembang, Chhotu tidaklah meninggalkan profesi awalnya sebagai pengemis. Pria yang menderita cacat di kedua kakinya ini tetap meminta-minta di jalan pada siang hari. Lalu saat malam tiba dia mengubah penampilannya mengenakan jas dan dasi untuk memimpin rapat.

Hidup dengan tiga istri

Chhotu juga mengaku menikmati kebahagiaan dari pernikahan dengan ketiga istrinya. Menurutnya, tak pernah ada pertengkaran di rumahnya.

“Istri pertamaku menjalankan toko peralatan. Penghasilan dari mengemis dan bisnis pemasaran didistribusikan sama di antara 2 istri saya yang lain. Jadi tidak ada perselisihan di antara mereka,” tutur Chhotu lagi.

Chhotu bukanlah orang India pertama yang menjalani dua profesi sangat bertolak belakang. Sebelumnya seorang wanita asal daerah Bihar bernama Sarvatia Devi memiliki dua rekening tabungan dan melakukan investasi yang baik dalam dua polis asuransi atas namanya.

Please follow and like us:

Related posts