Wafat Usia 147 Tahun, Selama Hidup Tak Pernah Tinggalkan Quran

Berbagisemangat.com – Syeikh Ali Al Alakmi yang meninggal pekan lalu di Abha, Provinsi Asir, Arab Saudi, dinobatkan sebagai manusia tertua. Dia meninggal setelah mebgalami stroke saat berusia 147 tahun.

Banyak orang bertanya bagaimaan Syeikh Ali bisa hidup selama itu. Ternyata, hal itu bergantung pada gaya hidup Syeikh Ali.

Dikutip dari Alarabiya, Selasa 9 januari 2018, dia melakukan diet khusus soal makanan. Selain itu, Syeikh Ali benci bepergian dengan mobil. Dia bahkan memilih pergi ke Mekah dengan berjalan kaki.

 Orang tertua di Arab Saudi

Saat Raja Abdulaziz bin Saud menyatakan Asir menjadi bagian dari wilayah Arab Saudi, Syeikh Ali berusia 38 tahun. Dia mengalami pemerintahan tiga generasi yaitu Ali bin Muhammad bin Aa’id, Abdullah bin Muhammad bin Aa’ad dan Hasan bin Aa’ad.

Salah satu anggota keluarga, Yahya Al Alakmi, mengatakan Syeikh Ali selalu makan biji-bijian organik, gandum, jagung, dan jelai serta madu. Bahan makanan itu diambil dari hasil ladang sendiri.

Dia juga makan daging segar dari peternakannya. Syeikh Ali selalu menolak makan di perayaan tertentu atau makanan olahan pabrik.

Yahya menambahkan, Syeikh Ali tidak pernah meninggalkan Alquran. Tak hanya itu, Syeikh Ali juga tidak pernah mengandalkan orang lain untuk berjalan.

 Orang tertua di Arab Saudi

Dia punya seorang putra yang sudah meninggal dan satu putri. Sebelum meninggal, Syeikh Ali pernah berkata tentang kehidupan Abha masa lalu dan sekarang.

” Hidup sangat indah di masa lalu. Sekarang, banyak orang sangat berbeda. Tidak ada satupun yang tersisa dari keturunan saya, jadi saya merasa kesepian di antara orang-orang,” kata Syeikh Ali.

Related posts