Kisah Haru Gadis 11 Tahun yang Setiap Hari Catat Daftar Biaya Hidupnya

Berbagisemangat.com – Sebagai anak-anak, uang mungkin adalah hal yang tak perlu dikhawatirkan. Tapi, tidak bagi gadis kecil ini yang setiap harinya mencatat semua biaya hariannya.

Menurut Apple Daily Taiwan, Xiao Qing yang berusia 11 tahun ini telah menyimpan buku catatan yang merinci semua biaya hariannya. Kebiasaannya itu pun sudah dilakukan Xiao sejak ia berusia sembilan tahun.

Buku catatan tersebut ditulis Xiao dengan judul ‘Uang untuk dikembalikan ke ayah saat 20 tahun’. Gadis kecil asal Nantou, Taiwan ini punya alasan di balik tindakannya itu. Untuk mengingat uang hasil jerih payah yang dikeluarkan ayahnya dan telah berjuang demi kesejahteraan keluarga dalam kemiskinan, Xiao bertujuan mengembalikan semua uang itu kepada ayahnya ketika ia berusia 20 tahun.

Kisah Haru Gadis 11 Tahun yang Setiap Hari Catat Daftar Biaya HidupnyaFoto: Istimewa

Sejak orangtuanya bercerai, ayah Xiao menjadi satu-satunya tulang punggung yang harus menghidupi lima anggota keluarganya. Sang ayah pun bekerja sebagai pandai besi di sebuah konstruksi di Kabupaten Changhua. Untuk meringankan beban di pundak ayahnya, Xiao bahkan mengambil tanggung jawab untuk merawat kakeknya yang terbaring sakit di tempat tidur.

Pada buku catatan pengeluarannya itu, gadis yang bercita-cita menjadi pelatih olahraga ini merinci antara keinginan dan kebutuhannya. Menurut Xiao, keinginan adalah apa yang ia inginkan, dan ia menggunakan uangnya sendiri untuk mencapainya. Sementara itu, kebutuhan merupakan biaya yang ditanggung oleh ayahnya, yang mencakup biaya pendidikan dan biaya pelajaran taekwondo-nya.

Tak hanya bijaksana, rupanya gadis kecil yang cerdas ini kerap menjuarai kompetisi taekwondo dan renang.Xiao pun berhasil memenangkan medali dan hadiah uang tunai. Dengan hadiah uang tunai yang diperolehnya, ia kemudian membagi uang itu menjadi tiga bagian. 20 persen untuk keinginanXiao, 30 persen untuk membayar kembali uang yang telah dikeluarkan ayahnya, dan 50 persen untuk tabungan.

Related posts