Dedikasi Penyapu Jalan yang Bisu, Tuli, dan Hanya Punya 1 Kaki

Berbagisemangat.com – Kisah pria yang satu ini menyentuh banyak orang karena dedikasinya dalam bekerja. Shang Wuyi (46) adalah pria tunarungu sekaligus tunadaksa yang hanya memiliki satu kaki. Ia telah menjadi penyapu jalanan selama hampir 12 tahun hidupnya.

Yang menakjubkan, meski tiap pagi mesti bangun pukul 4 pagi untuk bekerja, ia tak pernah libur satu hari pun. Setiap hari, ia bekerja bersama istrinya, Wang Yaqing, yang juga seorang penyapu jalan, untuk menyapu jalanan di Xi’an, Tiongkok.

Melansir dari Asia One, sebagai pekerja yang berdedikasi, keduanya berangkat bekerja 30 menit sebelum giliran mereka. Namun, apabila sang istri sakit atau mengambil cuti, pria itu akan berangkat pukul 3 pagi untuk memastikan pekerjaan mereka selesai.

Awalnya, atasan Shang khawatir pria itu tak dapat bekerja dengan baik karena cacat fisik yang ia miliki.

“Tapi menurut pengamatan saya, ia bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik. Bukan hanya pekerja keras, Shang juga menyapu jalan dengan sangat bersih,” kata sang atasan.

Sang istri menjelaskan bahwa suaminya dan saudara perempuannya terlahir tuli dan memiliki cacat keturunan yang didapat dari ibu mereka. Sedangkan untuk kakinya, Shang kehilangan kakinya pada usia muda karena ditabrak kereta yang tak ia dengar kedatangannya.

“Meski ia tak bisa bicara dan tuli, saya tahu ia sangat menghargai pekerjaannya. Ia tahu tubuhnya cacat, jadi dia harus bekerja lebih keras daripada yang lain,” kata Wang yang telah menikah dengan Shang selama 21 tahun.

Related posts