Bioskop Pertama di Arab Saudi Bakal Tayangkan ‘Black Panther’

Berbagisemangat.com – Bioskop pertama di Arab Saudi dalam 35 tahun akan dibuka pekan depan. Sebagai pembukaan perdana, bioskop akan menayangkan film besutan Marvel, ‘Black Panther’.

Seperti dilansir The Guardian, Jumat (6/4/2018), bioskop pertama tersebut akan dibuka di King Abdullah Financial District di Riyadh. Gedung tersebut awalnya merupakan gedung konser simfoni.

Teater utama di bioskop itu memiliki 500 kursi dan rencananya akan ditambah tiga layar pada pertengahan musim panas ini. Selain itu, kursi penonton tidak akan dipisahkan menurut jenis kelamin.

Bioskop ini rencananya akan menayangkan film superhero Marvel yakni ‘Black Panther’ pada 18 April mendatang.

Keberadaan bioskop dilarang di Arab Saudi pada awal tahun 1980-an di bawah tekanan dari kelompok Islam yang ingin masyarakat menuruti aturan yang lebih konservatif dan melarang bercampurnya publik laki-laki dan perempuan.

Langkah reformasi yang diprakarsai Putra Mahkota Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman, mencabut berbagai larangan dengan harapan agar bisa mendongkrak kegiatan ekonomi dan mengurangi ketergantungan negara itu pada minyak.

Film yang akan diputar tetap harus melalui lembaga sensor untuk memastikan bahwa film-film itu sesuai dengan “nilai-nilai moral” Kerajaan Saudi.

Please follow and like us:

Related posts