4 Aksi Heroik Panjat Tiang Bendera, dari Siswa SMP hingga Anggota TNI

Berbagisemangat.com – Yohanes Andigala memang masih kelas 1 SMP, namun keberaniannya memanjat tiang bendera dan membereskan masalah tali bendera saat upacara tengah berlangsung patut diacungi jempol. Tahun lalu, aksi serupa juga pernah dilakukan oleh seorang anggota TNI di Rembang.

Serda Suryono dengan sigap memanjat tiang bendera dan membetulkan tali pengait bendera yang terlepas saat peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72. Berikut sejumlah aksi penuh keberanian saat upacara bendera berlangsung di Indonesia:

1. Yohanes Andigala selamatkan upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-73

Video yang memperlihatkan aksi Yohanes saat memanjat tiang demi kelancaran upacara kemerdekaan di perbatasan RI-Timor Leste. Video itu viral di media sosial.(ISTIMEWA)

Video yang memperlihatkan aksi Yohanes saat memanjat tiang demi kelancaran upacara kemerdekaan di perbatasan RI-Timor Leste. Video itu viral di media sosial.

Aksi Yohanis Gama Marschal Lau alias Joni saat memanjat tiang bendera sempat terekam video. Video berdurasi 1 menit 59 detik tersebut segera menjadi viral di media sosial.

Dalam video tersebut Joni dengan tangkas memanjat tiang bendera setelah mengetahui tali pengikat bendera terlepas dan tersangkut di ujung tiang. Tampak Joni sempat kelelahan saat dirinya berada di tengah tiang. Terdengar teriakan dari peserta upacara untuk meminta Joni turun.

Namun, Joni ternyata tetap terus memanjat ke atas. Setelah berhasil membawa turun pengait, sorak sorai dan tepuk tangan langsung pecah. Upacara pun dapat segera dilanjutkan kembali hingga tuntas.

https://www.instagram.com/p/Bmkop8uFiAN/?taken-by=videosemangat

2. Serma Timbul Prawoto di Klaten pun selamatkan tali bendera yang lepas

Serma Timbul Prawoto (40), anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 20 Cawas, Kodim 0723/Klaten, juga melakukan aksi heroik mirip Yohanis Gama Marschal Lau di Belu, NTT.

Dia juga memanjat tiang bendera untuk mengambil tali bendera yang tersangkut saat upacara HUT Kemerdekaan Indonesia ke-73 di Lapangan Barepan, Cawas, Klaten, Jumat (17/8/2018).

Aksi tersebut juga terekam video dan menjadi viral di media sosial. Setelah itu, Serma Timbul mengatakan tindakannya tersebut berdasara insting keprajuritan yang dia miliki.

“Naluri saya sebagai seorang prajurit harus tanggap dan cekatan untuk memuluskan kejadian tadi (tali bendera lepas),” kata Serma Timbul kepada Kompas.com. Saat itu, Serma Timbul bertugas menjadi perwira upacara tak jauh dari tiang bendera.

3. Ketangkasan Serda Suyono memanjat tiang bendera menjadi viral

Aksi memanjat tiang bendera juga sempat terjadi saat upacara HUT Kemerdekaan RI ke-72 di Kecamatan Kaliori, Rembang, Jawa Tengah, Kamis (17/8/2017). Saat petugas pengibar bendera membentangkan bendera, cincin pengait bendera bagian ujung atas terlepas dan langsung naik ke ujung tiang bendera.
Serda Suyono yang hadir dalam upacara tersebut langsung memanjat tiang untuk membawa turun cincin pengait tersebut. Sama seperti Joni, aksinya itu terekam video dan akhirnya menjadi viral.
Setelah Serda Suyono berhasil mengambil kembali cincin pengait, upacara dapat dilanjukan hingga selesai. Atas aksinya, dia mendapat apresiasi dari Kasad Jenderal TNI Mulyono. Serda Suyono diberi sejumlah hadiah, salah satunya sepeda motor.

4. Serka Yonatan Duil di Ende

Aksi memanjat tiang bendera juga terjadi dalam upacara penurunan bendera dalam rangka HUT Ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Sepak Bola Marilonga Desa Watunggere, Kecamatan Detukeli, Kabupaten Ende, NTT, Jumat pukul 17.00 Wita.
Saat Paskibra Tingkat Kecamatan Detukeli melaksanakan penurunan bendera, tiba-tiba tali bendera nyangkut di tiang bendera sehingga bendera tidak dapat diturunkan. Dandim 1602 Ende Letkol Kav Suteja mengatakan, Serka Yonatan Duil selaku Babinsa Koramil 1602-04/Maurole spontan memanjat tiang bendera untuk membantu menurunkan bendera.

Related posts