7 Bukti Bahwa Hijab Kini Makin Terkenal di Dunia

Berbagisemangat.com – Sebelum dekade ini, wanita yang berhijab seringkali mendapatkan perlakuan yang berbeda. Hijab sebagai identitas seorang muslim tidak diakui di berbagai tempat, termasuk di ranah pendidikan, fashion, hingga pemerintahan.

Tahun 1980-an, hampir tidak ada model yang berhijab. Begitupun dengan profesi-profesi lainnya seperti politikus khususnya di benua Eropa dan Amerika. Namun, tahun 2000-an ada banyak sekali perkembangan di dunia hijab.

Tak hanya hijabers yang mulai merambah ke profesi mainstream, pemasaran produk besar dunia sudah mulai melirik pasar hijabers. Beberapa merek seperti Nike, Loreal, GAP, hingga Gucci sudah menggunakan model berhijab. Berikut ulasannya.

1. Nike Pro Hijab Campaign

Hijab sport Nike. Foto: Nike

Nike membuat geger saat meluncurkan produk hijab olahraga di tahun 2017. Tak hanya meluncurkan produk hijab, brand olahraga ternama ini pun menggandeng beberapa atlet berhijab seperti Ibtihaj Muhammad dan Manal Roostam

Keputusan Nike untuk membuat produk hijab olahraga tentunya berdasarkan riset dan pemikiran panjang. Tak bisa dipungkiri, Nike punya perhatian lebih untuk para hijabers di seluruh dunia. Dengan melirik pasar hijab, Nike tampaknya tahu bahwa hijab jadi sesuatu yang menjanjikan untuknya.

2. Apple Rilis Emoji Berhijab

Emoji Hijab. Foto: Screenshot Apple

Perusahaan sebesar Apple pun mulai melirik para hijabers. Ia menyetujui ide seorang remaja berhijab, Rayouf Alhumedhi untuk merilis emoji wanita berhijab di ponselnya.

Bersamaan dengan rilisnya emoji wanita berhijab, Apple merilis emoji ibu menyusui dan emoji pria berjanggut. Benar saja, emoji hijab Apple langsung viral. Hal ini membuktikan keberadaan wanita berhijab memang jadi sorotan dunia.

3. Loreal Hair Campaign

Amena Khan. Foto: Dok. Loreal

Iklan shampo untuk wanita berhijab muncul sudah lebih dulu di negara mayoritas muslim seperti Indonesia dan Malaysia. Namun awal tahun ini, perusahaan kecantikan L’Oreal seakan mengukuhkan pentingnya shampoo untuk hijabers.

Untuk pertama kalinya L’Oreal Hair Care menggaet hijabers untuk salah satu iklannya. Hijabers yang terpilih adalah beauty blogger Amena Khan. Sebelumnya, L’Oreal pun mengajak Amena untuk iklan produk foundation.

4. Model Berhijab di Milan Fashion Week

Halima Aden. Foto: Getty Images

Melenggangnya model berhijab di Milan Fashion Week jadi berita viral. Adalah Halima Aden yang menjadi model pertama yang berjalan di catwalk ajang fashion terbesar itu.

Tidak hanya itu, ia juga menjadi hijabers pertama yang masuk agensi internasional IMG, Gigi Hadid hingga Miranda Kerr bergabung di dalamnya. Penerimaan model berhijab di dunia modeling internasional ini menjadi perhatian banyak orang.

5. Barbie Hijab

Barbie hijab Ibtihaj Muhammad. Foto: Twitter Ibtihaj Muhammad

Pada November 2017 lalu, perusahaan mainan ternama, Matel merilis barbie berhijab untuk pertama kalinya. Perusahaan mainan itu membuat barbie yang terinspirasi dari atlet anggar berhijab asal Amerika Serikat, Ibtihaj Muhammad.

Lagi-lagi barbie berhijab itu jadi sorotan. Mengangkat tema keberagaman dan wanita superpower, pemilihan barbie berhijab itu menjadi ciri bahwa wanita berhijab sudah diakui dunia.

6. Hijabers Menjadi Bagian dari Pemerintahan Amerika

Ilhan Omar. Foto: AFP PHOTO / STEPHEN MATUREN

Ilhan Omar jadi wanita berhijab pertama yang masuk dalam pemerintahan daerah Minnesouta, Amerika pada Juni 2018. Ilhan menjadi sorotan karena ia pun menjadi muslim pertama di sana.

Ilhan Omar membawa banyak isu wanita dan keberagaman. Terpilihnya Ilhan Omar menandakan orang-orang di sana mulai terbuka dengan wanita berhijab dan melihat kualitas tak hanya penampilan saja.

7. Ritel Terbesar Amerika Menjual Hijab

Macy’s. Foto: Istimewa

Satu lagi bukti negara adidaya Amerika mulai melirik hijabers. Retail terbesar asal Amerika Serikat, Macy’s mengumumkan akan menjual hijab pada Februari 2018. Meski banyak dikritik, tampaknya Macy’s menyadari tingginya kebutuhan hijab di negara tersebut.

 

Please follow and like us:

Related posts