9 Foto Langka Bagian dalam Ka’bah, Termasuk Spot Nabi Muhammad Berdoa

Berbagisemangat.com – Berziarah ke tanah suci tentu menjadi impian bagi setiap umat Muslim. Di tempat inilah mereka dapat melihat langsung kemegahan Ka’bah yang selama ini diketahui sebagai kiblat bagi umat Islam ketika salat. Kakbah juga menjadi salah satu tempat yang sering dikunjungi selama ibadah ibadah haji maupun umroh.

Namun sayangnya, selama ini umat Muslim hanya dapat melihat Kakbah dari bagian luarnya saja. Tidak banyak yang mengetahui seperti apa bentuk atau desain interior pada bagian dalam bangunan tersebut.

Beruntung, pada 30 Mei 2015, seorang pria bernama Yasser Ahmad memiliki kesempatan emas untuk melihat secara langsung bagian dalam Kakbah. Melalui akun Instagramnya, Yasser membagikan sejumlah foto langka yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya.

1. Pada foto pertama, Yasser mengunggah penampakan sudut ruangan yang diketahui merupakan tempat Rukn Al-Yamani, atau sudut Kakbah yang menghadap ke arah Yaman dan sejajar dengan hajar aswad.

2. Terdapat pula tulisan kaligrafi di dinding marmer yang menunjukkan lokasi Nabi Muhammad SAW berdoa ketika beliau memasuki Kakbah.

3. Tanda di lantai pada foto ini menunjukkan tempat yang sama ketika Nabi Muhammad berdoa dan salat.

4. Selain dihiasi kaligrafi dan ornamen-ornamen khas Timur Tengah, bagian dalam Kakbah juga dihiasi sejumlah lentera yang tergantung di dua pilar yang terletak di tengah ruangan.

5. Bergeser ke bagian dalam, terdapat pintu bernuansa emas yang digunakan untuk menuju bagian atap Kakbah.

6. Ada juga berbagai plakat dan prasasti untuk memperingati momen-momen tertentu, salah satunya saat renovasi Kakbah telah selesai.


7. Contoh tulisan pada salah satu prasasti. “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, penguasa dunia dan semoga damai dan berkah Allah berada di atas para utusan yang paling mulia, pemimpin kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya.

Revonasi tangga Kakbah yang diberkati dilakukan di bawah instruksi dari eminen, dan penjaga dua tempat suci yang mulia Raja Khalid bin Abdul Aziz Aal Sau’d di bulan Rabi’Al Awwal, 1397 AH. Semoga Allah menerima amal salehnya, Amin”

8. Foto dalam Kakbah secara keseluruhan

9. Terakhir, Yasser membagikan foto sebuah meja yang ternyata merupakan tempat penyimpanan Bakhoor (wewangian).


(ful)

Please follow and like us:

Related posts