Agar Anak Bisa Sekolah, Pria Ini Membuat Jalan Membelah Bukit

Berbagisemangat.com – Kurang lebih selama dua tahun terakhir, seorang pria bernama Jalandhar Nayak (45) telah bekerja keras membelah bukit demi membuat jalan untuk anak-anaknya agar bisa sekolah. Berbekal cangkul dan peralatan lainnya, Nayak sendiri telah berhasil membuat jalan sepanjang 8 km yang membelah bukit, hutan dan medan curam lainnya.

Dilansir dari laman NDTV serta The Guardian, Nayak setiap harinya bekerja selama 8 jam untuk membuat jalan. Jalanan yang dibuat Nayak adalah jalan yang nantinya bisa menghubungkan desanya, Gumashi ke jalan utama kota Kandahd, Phulbani, tepatnya di Negara Bagian Odisha, India. Jalan ini diharapkan bisa menjadi jalan pintas untuk anak-anaknya ketika hendak pergi ke sekolah dalam waktu yang lebih cepat serta nyaman.

Selama ini, tiga orang anak Nayak memang sekolah di kota Kandahd. Untuk sampai ke sekolah, mereka semua harus menempuh perjalanan sedikitnya selama 3 jam melewati perbukitan curam dan berbahaya. Tak tega melihat perjuangan anak-anaknya yang begitu berat demi menuntut ilmu, pria 45 tahun itu pun nekat menggempur bukit dan membuat jalan sendiri.

 Berbekal cangkul dan peralatan seadanya, Nayak membuat jalan untuk anak-anaknya membelah bukit/copyright theguardian.com

“Anak-anak saya merasa kesulitan berjalan di jalan sempit serta berbatu ketika pergi dan pulang sekolah. Saya kasihan melihat mereka terhuyung-huyung selama di perjalanan. Saya memutuskan membuatkan mereka jalan yang lebih baik agar semuanya melewati jalan ini dengan nyaman.” Ungkap Nayak.

Setelah dua tahun bekerja keras membuat jalan yang lebih baik buat anak-anaknya juga anak-anak lain di desanya agar bisa sekolah, pemerintah setempat pun mulai terkesan dengan usahanya. Pemerintah setempat kini sedang berusaha membantu Nayak dalam mewujudkan mimpinya membuat jalan yang lebih baik dari desanya menuju kota terdekat.

Brundha D, seorang administrator setempat mengatakan, “Usaha dan tekadnya membelah bukit dan membuat jalan membuat saya kagum. Membuat saya terpesona dan tersentuh. Kami berjanji akan membayar usahanya selama ini. Kami juga akan mengambil alih tugasnya dan membuat jalan yang lebih baik bagi penduduk desa setempat menuju kota.”

Kisah Nayak telah menginspirasi banyak orang khususnya pejabat setempat untuk lebih mempedulikan orang lain dan memberikan yang terbaik bagi semuanya. Kisahnya juga telah mengingatkan kita semua pada perjuangan seorang pria di India bernama Dasharth Manjhi yang membelah bukit dan gunung sepanjang 42 km selama 22 tahun demi membuat jalan yang lebih baik dan dekat bagi penduduk desanya menuju kota terdekat.

Related posts