Agar Semangat Belajar Dan Melatih Ingatan, Pelajar Ini Selipkan Cemilan Cokelat Di Buku Pelajaran!

Berbagisemangat.com – Saat melakukan sebuah kegiatan yang diulang berkali-kali pastinya akan mendatangkan rasa bosan. Butuh sesuatu untuk memicu motivasi agar kita kembali bersemangat. Rasa bosan dan malas inilah yang seringkali dialami oleh para pelajar di sekolah. Harus berkutat dengan segala macam pelajaran di sekolah pastinya sangat membosankan.

Apalagi kalau sudah lewat jam makan siang gitu. Bukannya semangat belajar, yang ada malah mengantuk dan pengen tidur aja. Penjelasan guru di depan kelas pun tidak lagi terdengar. Untuk mengatasi hal ini salah seorang pelajar mempunyai ide unik. Pelajar yang berasal dari Malaysia ini menyelipkan beberapa cemilan cokelat di buku pelajarannya.

Jadi, ketika dia sudah selesai belajar satu bab mata pelajaran, maka dia akan memakan snack tersebut. Hal ini bisa dianggap sebagai sebuah apresiasi terhadap diri sendiri karena berhasil mempelajari satu bab. Dengan begini, dia akan merasa lebih semangat untuk belajar karena ada hadiah yang menantinya di ujung pelajaran.

Tips unik ini pertama kali dibagikan oleh akun Twitter @dermarollerMY. Dalam foto yang dia unggah, terlihat sebuah buku pelajaran menjadi berwarna-warni karena dipenuhi dengan beberapa bungkus cokelat yang terselip di mana-mana.

Untuk siswa yang berhenti di halaman pertama buku, coba tips ini! Ini adalah motivasi dan teknik penghargaan diri setiap Anda menyelesaikan bab,” ungkap @dermarollerMY.

Tapi, kalau kamu sedang berdiet atau mungkin memiliki alergi terhadap cokelat, kamu bisa menggantinya dengan lembaran uang. Jadi, setiap selesai mempelajari bab tertentu maka kamu berhak mendapatkan uang dengan nominal tertentu. Hal ini diharapkan akan memberikan motivasi lebih kepadamu untuk belajar. Meski begitu, ada saja netizen yang mengkritisi hal ini.

Beberapa menganggap bahwa cara ini tidak efektif untuk jangka panjang karena bisa bikin ketergantungan dan diabetes. Pelajar tidak akan mau lagi mempelajari sesuatu tanpa adanya imbalan dan hal itu tentu saja tidak baik untuk mentalnya. Tapi, untuk jangka pendek, misalnya ada ujian, sepertinya cara ini tidak ada salahnya untuk diterapkan sih.

Kalau menurut kamu sendiri, apakah cara ini layak untuk ditiru atau tidak? Seandainya kamu punya tips lain yang lebih sehat dan tetap bisa memicu motivasi untuk belajar, tulis di kolom komentar, ya.

Related posts