Alasan BJ Habibie Tolak Pindah Ke Kewarganegaraan Jerman Bikin Salut

Berbagisemangat.com – Presiden ke-3 RI, BJ Habibie ternyata sempat ditawari untuk pindah kewarganegaraan oleh Jerman. Tawaran tersebut didapatkan Habibie karena kecemerlangannya.

Hal tersebut terungkap dari tulisan Solichin Salam pada Berita Buana dalam buku ‘Habibie dari Pare-Pare lewat Achen dan Tulisan-tulisan lain’. Alasan Habibie menolak tawaran itu pun bikin salut, ia tak ingin melepaskan kewarganegaraan Indonesia karena rasa cintanya terhadap tanah kelahirannya, Indonesia.

“Sekalipun menjadi warga negara Jerman, kalau suatu saat Tanah Airnya memanggil; Maka paspornya akan dirobek, dan dia akan pulang ke Inonesia,” tulis Solichin Salam.

Bahkan, warga Jerman sempat dibuat heran dengan penolakan tersebut. Namun, pada akhirnya, Jerman memaklumi keputusan Habibie. Habibie juga sempat diberikan kepercayaan untuk memegang rahasia teknologi negara tersebut.

Habibie menjadi satu-satunya orang Indonesia atau Asia pertama yang mendapat kepercayaan menjadi Wakil Presiden dan Direktur Teknologi, Messerschmitt Boerkow Blohm (MBB), Hamburg. Tak hanya itu, Habibie juga pernah diangkat menjadi Penasehat Utama Dewan Direksi MBB.

Related posts