Anak Tanya ke Ayah Gimana Rasanya Jadi Tulang Punggung, Apalagi Soal Memikirkan Biaya Pendidikan Anak

“Berat gak nyekolahin 5 anak?” tanya seorang pemuda kepada ayahnya.

Ya, pengguna akun TikTok habiiib23 belum lama ini membagikan percakapannya dengan sang ayah, perihal tanggapan akan rasanya menjadi sosok yang terus memikirkan biaya pendidikan anak. Apalagi, jika harus membayar dalam tempo yang sama terhadap beberapa anak.

“Tapi pengalaman abah, gimana nyekolahin anak-anaknya dari mulai TK sampai ada yang lulus kuliah tuh gimana?” tanyanya.

Sang ayah menyampaikan jawaban dengan sangat bijak, memberikan pandangan bahwa segala sesuatunya merupakan perjalanan hidup, bahkan para anak-anak pun tak luput dari bagian perjalanan itu sendiri.

“Abah sih belajar dari perjalanan hidup, dan banyak belajar dari anak-anak sendiri gitu bahwa kalau anak memang meluruskan niatnya untuk menuntut ilmu, maka yang nyuruh nuntut ilmu itu, Allah, pasti akan membukakan jalannya,” ungkap sang ayah.

“Pada prinsipnya sih bahwa itu rezeki aa, jadi abah gak ngerasa ngebiayain tuh, itu mah Allah cuma titipan dari Allah tuh, nih kasihin buat anak-anak kamu ya, InsyaAllah gak berat dan bukan jadi beban kamu,” pungkas sang ayah.

Sontak saja, respons bijak orang tua terhadap rasa penasaran anak ini langsung membuat banyak netizen relate, terlebih soal kecukupan rezeki meski bukan dari golongan mampu.

@habiiib23 #6. Setiap manusia udah diatur rezekinya. Ada yang harus dijemput, ada yang Allah setting akan datang sendirinya pada kita. Biaya kuliah bisa jadi datangnya lewat orang tua atau harus dari keringat sendiri. Darimanapun itu, semuanya dari Allah. #ngobrolsamaabah ♬ A warm piano instrumental ballad(808701) – NOPPO MUSIC

Related posts