Aturan Terbaru Dari Lockdown Arab Saudi

Berbagisemangat.com – Arab Saudi memutuskan untuk me-lockdown kota Mekah, Madinah, dan Riyadh. Masyarakat pun tak boleh bepergian lewat pukul 15.00 waktu setempat.

Dengan semakin meningkatnya jumlah orang yang terinfeksi Corona yakni sebanyak 767 orang, Arab Saudi akhirnya mengeluarkan kebijakan baru untuk mencegah penyebaran virus tersebut. Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud mengatakan pada Rabu (25/3/2020) bahwa orang-orang dari 13 provinsi di Kerajaan Arab dilarang meninggalkan atau masuk ke wilayah Makkah, Madinah, dan Riyadh atau pindah ke wilayah lain.

Dilihat dari instagram @safetravel.kemlu, pemerintah juga memberlakukan jam malam yaitu mulai pukul 15.00 waktu setempat. Batas waktu ini lebih awal jika dibandingkan pemberitaan sebelumnya yang menyebutkan jam malam berlaku mulai 19.00 waktu setempat. Arahan tersebut mulai diberlakukan pada Kamis (26/3/2020) sampai akhir periode jam malam diumumkan oleh Raja.

Tapi, tak semua orang akan dikenakan jam malam. Pembatasan ini tidak berlaku untuk karyawan swasta dan publik yang vital, seperti petugas keamanan, militer, kesehatan, dan media. Guna menertibkan pelaksanaan jam malam, pihak Arab Saudi juga menggandeng otoritas sipil dan militer.

Sebelumnya Arab Saudi telah menerapkan sejumlah pembatasan aktivitas terkait Corona, mulai dari menangguhkan izin umroh bagi seluruh umat Islam, sampai menutup sejumlah tempat hiburan seperti mal, restoran, kafe, dan lain-lain.

Sumber : Detik.com

Related posts