Baru Nikah? Ini Tips Hemat Mengisi Rumah untuk Pengantin Baru

Berbagisemangat.com – Umumnya, pengantin baru akan memiliki banyak urusan soal rumah tangga, apalagi yang sudah bisa memiliki rumah sendiri. Selain senang, tentu juga bingung karena masih harus membeli berbagai perlengkapan untuk mengisi rumah. Ada banyak kebutuhan yang melibatkan isi dompet.

Kalau tidak hati-hati bisa boros, apalagi ada barang-barang pengisi rumah yang harganya lumayan tinggi. Seperti dikutip dari Swara Tunaiku, tips berhemat mengisi rumah bagi pengantin baru antara lain:

1. Gunakan dari kado pernikahan

Sebelum menentukan barang apa saja yang ingin dibeli, cobalah lebih dulu untuk mengecek kado pernikahan. Dari sekian kado, pasti ada yang memberikan hadiah lumayan seperti oven, microwave,  atau alat-alat elektronik lainnya. Nah, lumayan kan mengurangi daftar belanjaan.

2. Gunakan barang lama yang masih bisa dipakai

Beralih dari kehidupan lajang menjadi berpasangan, ada baiknya masih menggunakan barang-barang yang sudah digunakan sejak dulu. Kalau ternyata perlengkapan seperti rice cooker masih bagus, kenapa tidak digunakan lagi? Nah, kalau ternyata perlengkapan milik suami justru kualitasnya jauh lebih baik, barulah rice cooker bisa dijual atau disumbangkan.

3. Tentukan skala prioritas berdasarkan fungsi

Tidak semua perlengkapan harus dibeli di toko ternama. Selama bisa dipakai dan berfungsi dengan baik, beli di toko biasa bukan menjadi masalah. Kalau perekonomian sudah mapan, boleh lah membeli di toko ternama dengan kualitas  yang lebih berkelas.

4. Beli yang kecil-kecil dulu

Karena sementara baru hidup berdua, alangkah baiknya untuk membeli perabotan yang cukup untuk digunakan berdua saja. Jangan asal tergiur dengan promo sale untuk yang ukuran besar karena bisa jadi tidak muat untuk ruang tamu yang ternyata mungil.

5. Untuk furnitur dan elektronik gunakan fasilitas cicilan 0 persen

Di luar sana ada banyak toko offline dan online seperti e-commerce yang menawarkan promo cicilan 0 persen. Sebelum membeli, pastikan untuk mengecek tipe barang eletronik yang mau dibeli di mal ya. Kartu kredit biasanya memberikan penawaran promo yang lebih banyak. Tapi ingat, usahakan untuk membayar tagihan di bulan berikutnya secara penuh agar tidak terkena bunga.