Berani Bela Uighur, Mesut Ozil Diganjar Penghargaan Muslim Terbaik 2019

Berbagisemangat.com – Pesepak bola muslim berkebangsaan Jerman, Mesut Ozil, dinobatkan sebagai salah satu dari lima muslim terbaik. Predikat itu diberikan oleh Muslim News Nigeria. Ozil diganjar penghargaan The 2019 Global Muslim Personalities atas sikap beraninya dalam menyuarakan kasus Uighur.

“Keberanian Ozil patut diapresiasi. Oleh karena itu, dengan senang hati Muslim News Nigeria mengumumkan bahwa Mesut Ozil adalah orang kelima yang masuk ke daftar The 2019 Global Muslim Personalities,” ujar Penerbit Muslim News Nigeria Rasheed Abubakar.

Beberapa waktu lalu, Ozil dengan berani mengungkapkan kekecewaannya terhadap diamnya masyarakat dunia terhadap krisis kemanusiaan yang terjadi atas muslim Uighur di Xinjiang, China. Ozil menyatakan dirinya tak akan diam.

Melalui unggahan Instagramnya pada Desember 2019 itu, Ozil menggemparkan dunia. Pesepak bola Arsenal tersebut dengan lantang membela kaum Uighur di Xinjiang, China, yang diduga mengalami penindasan. Meskipun demikian, ia sadar betul bahwa ketenarannya dipertaruhkan.

Pesepakbola berusia 31 tahun itu menyampaikan kalimat yang cukup berani dan sangat lugas. Ia dengan gamblang mengkritisi perbuatan kurang manusiawi yang dilakukan terhadap muslim Uighur.

Kritikannya yang tegas itu pun memicu reaksi keras pihak China. Tak lama setelah Ozil membagikan kritikannya tersebut, Kementerian Luar Negeri China menarik siaran pertandingan Liga Premier.

Lalu beberapa fans Arsenal di China pun membakar jersey mereka sebagai bentuk ketidaksukaan dengan sikap Ozil.Selain karena sikap beraninya dalam kasus Uighur, Muslim News Nigeria menilai bahwa personal Ozil merupakan sosok muslim yang luar biasa. Sebelum pertandingan dimulai, Ozil selalu berdoa terlebih dulu dengan mengangkat kedua tangannya ke atas seraya memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Tidak hanya itu, Ozil juga memiliki lembaga kemanusiaan yang secara khusus membantu ribuan anak untuk bisa menjalani operasi bedah dan secara rutin memberi 100.000 anak-anak makanan dan tempat berlindung melalui organisasi amalnya yang diberi nama BigShoe Foundation. Selain Ozil, Muslim News Nigeria juga memberika penghargaan serupa kepada presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Related posts