Bikin Haru, Anak-anak Afrika Nangis Kejer Satgas TNI Pamit Pulang ke Indonesia

Berbagisemangat.com – Tentara Nasional Indonesia (TNI) memiliki tugas untuk melindungi negara dan masyarakat. Bukan hanya bagi bangsa sendiri, TNI juga harus bertugas di negara lain yang bekerja sama dan menjaga kedamaian sesuai perintah PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).

Seperti halnya para prajurit ini yang bertugas di Kongo, Afrika. layaknya di negara sendiri, di sana juga mereka mengayomi dan menjaga warga. Sampai anak-anak di sana sudah begitu dekat sehingga tak ingin ditinggal saat TNI berpamitan.

Anak-anak ini terlihat merengek dan sesenggukan saat para prajurit hendak pulang ke Tanah Air. Momen perpisahan yang begitu mengharukan.

Ketika para prajurit TNI tengah merapikan barisan, segerombolan anak-anak Kongo, Afrika mendekat dan memecah suasana.

Seperti diketahui, Satuan Tugas (Satgas) TNI Kontingen Garuda (Konga) RDB 39-B selama ini bertugas di Republik Demokratik Kongo. Dalam misi perdamaian yang digalakkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Berbagai keberhasilan yang tercatat selama di sana, yakni membuat kelompok-kelompok bersenjata berdamai. Melalui pendekatan persuasif, akhirnya mereka kini mau bergabung menjadi masyarakat biasa. Serta tak lagi merampok.

Salah satu momen yang mencuri perhatian saat para prajurit pamit pulang ke tanah air.

Anak-anak menangis sampai sesenggukan tak ingin berpisah. Begitu polosnya, sampai kesusahan bernapas saat hendak menyampaikan pesan perpisahan.

Meski berbeda bahasa dan perlu pendekatan yang luar biasa, ternyata prajurit TNI bisa berbaur dengan masyarakat beda negara. Hal itu kian terbukti dengan kedekatan dengan anak-anak yang belum rela berpisah.

“Nangis terus ini kaya habis diganggu orang,” ujar sang perekam video.

Sampai seorang prajurit berseragam loreng, mencoba menenangkan. Meski ia tak sanggup menahan tawa, ia merangkul salah seorang bocah.

Artikel: Merdeka.com

Related posts