Bukan Main, Skripsi Mahasiswa Sampai 2 Ribu Halaman dan Biaya Print Rp1,2 Juta

Berbagisemangat.com – Baru-baru ini pria bernama Ihsan Prasetyo mendadak menjadi perbincangan di media sosial usai salah satu video TikTok pribadinya viral. Pasalnya, mahasiswa Universitas Negeri Padang tersebut mengaku skripsinya sebanyak 2.000 halaman.

Dalam video TikTok-nya @jnrprsty pada Rabu lalu (11/11), ia membagikan jumlah halaman skripsinya hingga biaya cetak yang mencapai Rp1,2 juta. Sontak, melihat hal itu, para warganet tak habis pikir dengan skripsi mahasiswa tersebut.

Dari video yang dibagikan, Ihsan mengungkapkan keheranannya mengenai jumlah halaman skripsinya itu. Awalnya, mahasiswa jurusan fisika tersebut mengaku tak menyangka bahwa skripsinya bisa mencapai ribuah halaman.

“Skripsi setebal ini sudah biasa. Gimana rasanya jika setebal ini? Jangan tanya berapa kilogram ya. Tingginya hampir sama dengan kotak HVS. Ngasih ke dosen tak pakai map kertas lagi, tapi udah pakai kotak,” bunyi tulisan di tiga video TikTok-nya tersebut.

Tak ayal, untuk mengetahui kebenaran video tersebut, tim Berita Viral kemudian mengonfirmasi kepada Ihsan melalui DM Instagram. Mahasiswa jurusan fisika tersebut membenarkan bahwa skripsinya itu memang sebanyak 2.000 halaman.

Tak hanya itu, untuk mencetak skripsinya tersebut, ia juga harus mengeluarkan Rp1,2 juta. Namun, di samping itu, pria bernama lengkap Ihsan Junira Prasetyo tersebut menuturkan bahwa hal yang membuat skripsinya menjadi 2.000 halaman karena faktor instrumen/angket alias lampiran.

“Memang 2000 halaman. Tapi, sebenarnya skripsi saya itu tipis kok cuma tebal di bagian instrumennya seperti angket dan lain-lain yang juga harus disertakan dalam skripsi,” ucap Ihsan kepada wartawan Berita Viral.

Akan tetapi, terlepas dari itu, banyak warganet kemudian terheran-heran dengan skripsi yang sangat tebal itu hingga disebut hampir menyamai tinggi kotak kertas HVS. Kini, sejak diunggah, video tersebut telah ditonton lebih dari 800 ribu orang dan disukai sebanyak 88.200 pengguna TikTok.

“Yang tipis aja buat mahasiswa hampir putus asa. Gimana bisa setebal itu hahaha,” sahut Rina Nurmala.

“Gue aja yang baru disuruh nyusun pusing, apalagi disuruh setebal ini otw cuti aja wkwkwk,” timpal Caya Vihokratana.

@jnrprsty

Sudah rekor MURI apa belum? ##fypdongggggggg ##fyp

♬ nella kharisma holiday – Bubu🐣

Related posts