Cara Manajemen Waktu Rasulullah, Insya Allah Hidup Jadi Disiplin

Berbagisemangat.com – Sejak di bangku sekolah, kita diajarkan menjalankan sikap disiplin untuk menjaga keteraturan hidup. Dengan hidup disiplin, segala kegiatan bisa dijalankan dengan baik dan tetap produktif. Orang yang memiliki kedisiplinan yang baik juga bisa terlihat dari cara ia mengatur waktunya. Manajemen waktu yang baik menjadi salah satu tolak ukur yang bisa ditiru.

Karakteristik waktu yang terasa cepat berlalu tentu membuat umat Islam perlu memanfaatkan waktunya dengan hal-hal yang positif. Jika tidak menjalankan manajemen waktu dengan baik, kita pun akan hidup dengan sikap bermalas-malasan. Waktu pun akan terasa sia-sia hingga kita menjadi orang-orang yang merugi.

Rasulullah SAW bersabda, “ Ada dua nikmat yang kebanyakan orang merugi padanya, yakni waktu luang dan kesehatan.” (HR Bukhari)

Untuk menerapkan hidup disiplin, kita bisa meniru cara manajemen waktu Rasulullah SAW yang sangat produktif. Bagaimana caranya? Yuk simak cara manajemen waktu ala Rasulullah yang telah rangkum dari berbagai sumber.

Disiplin dalam Beribadah

Cara manajemen waktu ala Rasulullah SAW yang bisa kita lakukan adalah dimulai dengan disiplin dalam beribadah. Mulai dari ibadah sholat fadhu, ibadah puasa, hingga ibadah lainnya. Lakukan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dan jangan menundanya.

Dengan melakukan ibadah tepat waktu, hal itu akan menjadi tolak ukur seseorang bisa melakukan manajemen waktu yang baik.

Berproses Tidak Instan

Cara manajemen waktu ala Rasulullah SAW selanjutnya adalah melakukan proses usaha tanpa mengejar hasil yang instan. Hasil yang instan hanya akan membuat kita menjadi pribadi yang malas-malasan dan enggan berusaha lebih.

Lakukan berbagai kegiatan yang memang bertujuan untuk mengejar impian dan cita-citamu di masa depan. Persiapkan segalanya dengan baik agar kelak kamu bisa memetik hasilnya.

Kegiatan Produktif

Manajemen waktu ala Rasulullah yang juga bisa kamu tiru adalah dengan melakukan berbagai kegiatan yang sifatnya membentuk diri lebih produktif. Carilah berbagai kegiatan yang bisa mengasah kemampuanmu, seperti ikut kelas menulis, desain atau kelas lainnya yang kira-kira bisa kamu jadikan bekal di hari kelak.

Intinya adalah jangan malas dan menunda-nunda segala pekerjaan. Kegiatan produktif juga akan menjauhkan kamu dari hal-hal tercela dan berdosa.

Jangan Tunda Apapun

Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya untuk tidak menunda berbagai kegiatan yang ingin dilakukan. Menunda waktu sama saja dengan menunda kesuksesan. Rasulullah SAW juga dikenal sebagai nabi yang selalu merencakan segala sesuatu dengan baik. Salah satu contohnya adalah ketika merencanakan berbagai perang melawan kaum musyrik.

Bergerak Cepat Tapi Tidak Tergesa-gesa

Rahasia manajemen waktu Rasulullah SAW selanjutnya adalah melakukan segala sesuatunya dengan cekatan, namun tetap tidak tergesa-gesa. Untuk mengatur pola hidup yang benar, kita tentu harus mengerjakannya dengan cermat. Cermat disini berarti memperhatikan detail-detail segala sesuatunya agar bisa memperkecil peluang kesalahan. Meski begitu, lakukan segala kegiatan tanpa tergesa-gesa ya.

Related posts