Cerita Inspiratif Mahasiswa Lulus dengan IPK Tertinggi Meski Idap Kanker

Berbagisemangat.com – Wajar untuk seseorang terganggu pikirannya setelah mendapati kabar tidak menyengkan. Apalagi jika kabar tersebut mengenai diri sendiri yang ternyata mengidap penyakit serius. Namun seorang wanita bernama Anna Wassman tampaknya tak ingin hal tersebut mengganggu pendidikan. Anna pun bisa lulus dengan nilai tertinggi meski mengidap kanker payudara.

Anna Wassman adalah wanita lulusan Loyala University di Chicago, AS. Anna pun berhasil lulus sebagai mahasiswa dengan nilai terbaik. Padahal sebelum kelulusan, ia didiagnosa menderita kanker payudara stadium dua.

“Ketika didiagnosis, aku sejujurnya paling khawatir mengenai kelulusan kuliah. Aku masuk kuliah lebih lama karena aku menari ballet secara profesional setelah SMA. Jadi kekhawatiran pertamaku adalah bagaimana ini bisa terjadi sekarang. Waktunya tidak tepat,” kata Anna Wassman kepada A Plus.


Untungnya wanita 25 tahun tersebut menemukan kanker itu di stadium awal sehingga bisa lebih mudah disembuhkan. Anna pertama kali mencurigai penyakit tersebut ketika menemukan sebuah benjolan di payudara kanan. Tidak juga menghilang, ia memeriksakannya ke dokter dan ternyata benjolan itu adalah kanker payudara.

Bersungguh-sungguh ingin sembuh, Anna memutuskan untuk menggunakan liburan musim seminya untuk melakukan treatment. Wanita yang mengambil jurusan kuliah marketing itu pun tidak berpikir untuk istirahat sejenak dari kuliah setelah menjalani perawatan meski sebenarnya merasa hancur. Pada akhirnya, ia pun berhasil lulus dengan IPK tertinggi.

“Waktu itu aku menangis tapi tubuhku sudah berubah menjadi mode berperang dan aku tahu aku tidak akan membiarkan ini mengubah hidupku secara dramatis,” ungkap Anna.

“Aku diberi pilihan untuk cuti tapi aku tahu aku bisa menyelesaikannya sebentar lagi jadi aku tidak ingin ini mengganggu. Aku juga takut jika aku mundur akan lebih sulit untuk menyelesaikannya lagi,” tambahnya.


Untungnya, Anna mendapat banyak dukungan dari keluarga dan teman-teman. Ia pun bisa menyelesaikan pengobatan sekaligus lulus kuliah. Kini Anna telah bebas dari kanker payudara. Ia juga menyelesaikan kuliah dengan IPK 4.00 yang mana adalah nilai tertinggi. Prestasi itu dikatakan membantu penyembuhannya.

“Dari berpikir aku tidak akan lulus hingga meraih lebih dari itu, aku sangat bangga pada diriku sendiri. Dan aku pikir itu memberikanku harapan bahwa pengobatan selanjutnya akan baik-baik saja,” tutur Anna.


Anna pun membagi kisahnya ini dengan harapan bisa menginspirasi dan menyemangati wanita muda lain yang terkena kanker payudara. Ia ingin memperlihatkan bahwa pengobatan kanker kenyataannya memang berat. Namun Anna berusaha untuk tetap berjuang karena dunia tetap berputar.

“Aku ingin mendorong wanita muda untuk aktif dengan kesehatan payudara mereka dengan memastikan merek melakukan pengecekan bulanan dan membangun hubungan dengan para dokter,” ungkapnya.

Related posts