Cerita Ira Siregar, Berhenti PNS dan Pilih Usaha Roti Sourdough

Berbagisemangat.com – Ketika orang berlomba-lomba ingin bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), namun tidak bagi Ira Zulaika Inverary Siregar (34). Ira berhenti sebagai PNS dan memilih membuka usaha roti sourdough secara online. Kini, omzetnya sudah mencapai Rp5 juta per bulan.

“Berhenti dari PNS sejak tahun 2016, officially. Awalnya saya mengajukan surat pengunduran diri pada bulan Mei 2015, selama rentang waktu itu dilakukan mediasi antara saya dengan pimpinan lembaga. Kemudian keputusan akhir saya tetap bulat, saya benar-benar mau berhenti,” ujar Ira kepada IDN Times, Rabu (5/2).

Memilih berhenti sebagai PNS adalah pilihan Ira. Ira mengatakan bahwa ia merasa tidak sanggup menjadi PNS yang harus ikut perintah dan taat pada aturan.

“Apalagi peraturan yang kadang kala menurut saya tidak benar, tapi bukan berarti bekerja sebagai PNS itu tidak benar. Saya tidak bisa terikat sistem dan waktu yang ditentukan,” ucapnya.

Adapun alasan lain kata Ira, sewaktu berprofesi sebagai PNS ia tak punya waktu untuk keluarga dan menyalurkan hobby baking-nya.

“Kalau orang bilang, PNS kan punya banyak waktu luang, alasan-alasan itu semakin membuat saya mantap untuk berhenti dari PNS,” ujarnya.

“Saya mau keluar dari zona yang menurut orang sudah nyaman, saya sangat tidak terima persepsi orang yang mengatakan PNS punya banyak waktu luang, buat apa jadi PNS kalau mau cari banyak waktu luang, kalau mau punya banyak waktu luang lebih bagus buka warung ya jadi pengusaha,” tambahnya.

Berawal dari hobi memasak, dalam setahun belakangan ini Ira fokus untuk membuka usaha Roti Sourdough.

“Sourdough ini merupakan ragi alami yang saya buat sendiri dari campuran tepung dan air dan di fermentasi selama lebih kurang delapan hari, hingga dewasa dan bisa dipakai untuk membuat roti,” jelasnya.

“Roti Sourdough mengandung bakteri baik sehingga lebih gampang dicerna oleh tubuh kita. Orang-orang zaman dulu membuat roti dengan menggunakan Sourdough, proses pembuatan rotinya juga tidak instan, ya rasanya juga lebih kompleks, sangat berbeda dengan roti yang pakai ragi instan”.

Tak hanya itu, Ira juga merasa khawatir dengan semakin banyak makanan yang tidak sehat dijual di pasar.

“Apakah itu di pasar tradisional maupun modern, banyak yang menggunakan zat-zat kimia yang tidak sehat untuk kita. Dari situ, saya berkeinginan membuat makanan yang sehat dari bahan-bahan alami”.

“Selain itu juga memberikan pilihan makanan atau minuman yang mungkin belum terlalu diketahui oleh masyarakat, khususnya Kota Medan,” ujar Ira.

Ira menuturkan, walau sebagian resep roti sudah ada dari ibunya, dalam pembuatan roti sourdough ini, ia masih mengandalkan YouTube untuk belajar.

Untuk memasarkan rotinya, ia memosting melalui media sosial facebook. “Dari media sosial banyak yang tertarik,” katanya.

Tak banyak orang yang mengerti dengan bahan alami yang digunakan dalam pembuatan roti sourdough ini. Menanggapi hal itu, kata Ira, ia memang selektif memilih pembeli.

“Market-nya ke orang-orang yang mau hidup sehat, dan orang-orang yang memang mengerti dengan roti sourdough. Jadi roti saya bisa lebih dihargai. Saya juga produksi almond milk, alhamdulillah, sampai saat ini lancar,” sambungnya.

Bagi Ira, memutuskan untuk berhenti menjadi PNS adalah pilihan yang tepat. Ia berpesan kepada millennial agar tak perlu gengsi dalam melakukan pekerjaan apapun.

“Yang penting ada kemauan, tidak mesti gengsi. Tidak menyusahkan orang tua dan orang lain itu udah oke kok. Rajin dan tetap semangat menggali potensi kita. Jangan biarkan rasa malas menguasai kita, karena itu akan dapat menghentikan langkah-langkah,” pungkasnya.

Artikel Asli

Related posts