Cerita Turki Menyelamatkan Penyu

Berbagisemangat.com – Ini kisah inspiratif dari Turki. Sebuah kota di sana punya penangkaran penyu untuk menyelamatkan telurnya, dan mengajak turis menolong penyu yang terluka.

Inilah Kota Daylan di Turki, 755 km atau 1 jam terbang dari Istanbul. Kota ini bukan cuma punya pantai yang cantik tapi juga jadi habitat dari penyu tempayan, seperti yang diintip detikTravel dari Reuters, Senin (5/11/2018).

Seorang wanita bernama June Haimoff jatuh cinta dengan penyu pertama yang dia lihat di Pantai Iztuzu 30 tahun lalu. Melihat banyaknya turis di pantai tersebut, Haimoff pun membuat penangkaran penyu.

Haimoff dan teman-temannya membuat tanda dan penghalang di pinggir pantai. Tanda ini dibuat untuk menjaga telur-telur penyu.

Wisatawan yang datang ke sini bisa berjemur atau menikmati pantai tanpa mengganggu telur-telur penyu. Wah!

Tahun 1987, Haimoff dan sekelompok pecinta penyu juga berhasil memblokir pembangunan hotel di area pantai. Hal ini sangat membahayakan bagi tukik, karena mereka berjalan mengikuti cahaya.

Cerita Turki Menyelamatkan Penyu

Area pantai ini pun dibuat segelap mungkin saat malam tiba. Sehingga penyu-penyu bisa bertelur dengan tenang tanpa merasa terganggu.

Biasanya, telur-telur penyu yang baru dikubur akan dipindahkan ke tempat yang lebih aman. Sehingga wisatawan bisa tetap menikmati Pantai Iztuzu tanpa khawatir menginjak sarang telur.

Bukan cuma menjaga telur dan tukik. Haimoff juga mengajak relawan atau turis yang datang untuk memberikan edukasi tentang penyu.

Cerita Turki Menyelamatkan Penyu

Tak jarang juga, mereka menemukan penyu yang terluka atau hanya memberikan medical check up. Setelah dinyatakan sembuh, penyu tersebut akan langsung dilepas ke lautan.

Turis-turis tak hanya belajar soal penyu. Daylan di Turki punya beberapa atraksi seperti pemandian air panas alami atau naik perahu dari sungai menuju pantai.

Related posts