Demi Air Bersih, Perjuangan Wanita di Sulawesi Barat Ini Menyentuh Hati

Berbagisemangat.com – Bagi sebagian besar dari kita, ketika ingin mendapatkan air bersih kita hanya perlu menyalakan keran di rumah. Bagi sebagian besar dari kita, mendapat air bersih untuk kebutuhan sehari-hari bukan perkara yang susah.

Namun ladies, di luar sana masih ada banyak orang yang harus berjuang keras demi dapatkan air bersih. Beberapa bahkan harus berjalan berkilo-kilo meter dan mengarungi sungai demi air bersih yang tak seberapa. Seperti yang dilakukan Mama Hasria (46) juga wanita-wanita lain di Tinambung, Polewali Mandar, Sulawesi Barat berikut ini.

Mama Hasria dan reka seprofesinya saat mencari air bersih di desa seberang/copyright merdeka.com/AFP/YUSUF WAHIL

Dilansir dari laman merdeka.com, setiap hari Mama Hasria harus jalan kaki sejauh 4 kilometer dan berenang menyeberang sungai sambil membawa sedikitnya 40 jeriken di pundaknya. Puluhan jeriken ini kemudian dijadikannya sebagai tempat air bersih demi mencukupi kebutuhan air keluarganya maupun orang-orang di desanya.

Sehari-hari, demi air bersih yang juga sehat, Mama Hasria harus berenang mengarungi Sungai Mandar sedikitnya selama 1 jam sambil membawa air bersih di dalam jeriken. Air-air ini tak dinikmati Mama Hasria sendiri, ia juga menjual air tersebut ke orang-orang di desanya yang tidak mampu mengambil langsung dari sumbernya seharga Rp500 per jeriken. Harga yang terbilang sangat murah.

Meski perjuangannya terasa begitu berat, Mama Hasria dan rekan-rekan seprofesinya mengaku bahagia. Karena jerih parah mereka, mereka bisa membantu sedikitnya 5.800 keluarga di salah satu desa di Tinambung mendapatkan air bersih. Dengan perjuangan mereka, mereka juga bisa mendapatkan pendapatan tambahan.

Air yang didapat bisa membantu ribuan warga. Satu jeriken air dihargai Rp500/copyright merdeka.com/AFP/YUSUF WAHIL

Apa yang dilakukan Mama Hasria dan rekan-rekannya sungguh bikin salut ya ladies. Apa yang mereka lakukan juga sangat mengagumkan dan menyentuh hati. Mengingat masih banyak orang yang perlu perjuangan keras demi sedikit air bersih, alangkah baiknya jika kita semakin bijak dalam menggunakan air bersih dalam keseharian kita.

Untuk Mama Hasria dan rekan seprofesinya, sekali lagi salut atas perjuangan kalian.

Related posts