Demi Antar Anak ke Kampus, Ibu Ini Rela Tempuh Jarak 50Km dengan Naik Motor

Perjuangan seorang ibu demi anak-anaknya memang tidak usah dipertanyakan lagi. Seorang ibu rela mengorbankan semuanya demi kebahagiaan dan kesuksesan anak-anaknya.

Salah satunya adalah wanita bernama Jumiati Masud ini. Wanita yang sehari-hari berprofesi sebagai pedagang kaki lima di Malaysia, rela menempuh jarak 50km naik motor, demi mengantar anaknya “mencicipi” kursi perguruan tinggi.

Jurniati sampai di Universiti Sains Malaysia (USM) dalam kondisi lelah setelah menempuh perjalanan jauh. Namun, semua itu tak dirasakan demi memastikan anak sulungnya, Muhammad Izzulhaq Mohamed Hasnan (19), mendapatkan pendidikan terbaik.

USM sendiri memberi tiga pilihan untuk mahasiswa yang hendak mendaftar ulang. Pertama, mendaftar dan langsung pulang ke rumah. Kedua, mendaftar dan menitipkan barang bawaan ke hostel.

Dan ketiga adalah mendaftar lalu langsung tinggal di asrama kampus. Jurniati memilih opsi yang ketiga.

“Biarlah dia tinggal di asrama dan mendapatkan pembelajaran terbaik. Di rumah, kami tidak memiliki koneksi internet atau wifi,” kata wanita yang sehari-hari berjualan kue ini, dilansir dari website USM.

Sebenarnya, anaknya juga diterima di sebuah universitas di Kuala Lumpur. Tapi, mereka akhirnya memilih USM karena lebih dekat dari rumah dan tidak berbeda kota.

Muhammad Izzulhaq
Muhammad Izzulhaq (USM)

Sementara itu, Muhammad Izzulhaq sebenarnya khawatir melihat ibunya menempuh perjalanan puluhan kilometer hanya dengan naik motor, satu-satunya kendaraan yang mereka miliki.

Oleh karena itu, Izzul bertekad untuk belajar dengan serius agar bisa membahagiakan ibunya.

“Aku khawatir dengan perjalanan pulang yang ditempuh ibuku ke Simpang Empat. Begitu pahit melihat ibu bekerja begitu keras demi keberhasilanku.” sebutnya.

Related posts