Kisah Gamal Albinsaid, Dokter Muda Yang Mendunia

Berbagisemangat.com – Hari ini (Kemarin), di setiap tanggal 24 Oktober 2018 setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Dokter Nasional. Sejarah penetapan Hari Dokter Nasional tak lain juga adalah hari ulang tahun Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang diresmikan pada 24 Oktober 1950.

IDI adalah satu-satunya organisasi Profesi bagi dokter di seluruh wilayah Indonesia yang termaktub dalam Undang-Undang Praktek Kedokteran No.29 tahun 2004.

Berbicara tentang dokter, profesi ini tidak hanya membantu masyarakat dalam bidang kesehatan, tetapi juga dapat membanggakan dan mengharumkan nama bangsa.

Sosok dokter muda kelahiran Malang, 8 September 1989 berikut, tidak hanya berprofesi sebagai dokter melainkan juga inovator kesehatan, peneliti, pengusaha, wirausaha sosial, juga seorang inspirator.

Dokter lulusan Universitas Brawijaya ini mendunia berkat inovasinya mendirikan klinik asuransi sampah. Ide sederhana ini bahkan telah dirasakan manfaatnya oleh ratusan lebih anggota asuransi sampah.

Terobosan baru di dunia kedokteran Indonesia ini membuat masyarakat dapat berobat ke klinik dengan hanya membawa sampah. Seperti dikutip dari Kompasiana.com, asuransi sampah yang diprakarsai oleh Gamal ini akan meminta anggotanya untuk membayar premi dengan sampah dan bukannya dengan uang.

Baik sampah basah atau kering dapat disetorkan pada timm Gamal. Per bulannya, anggota dapat menyetorkan sampah senilau Rp10 ribu. Sampah-sampah tersebut akan diolah menjadi barang daur ulang atau pupuk.

Dana yang bersumber dari asuransi sampah ini akan digunakan untuk pelayanan kesehatan secara holistik, yaitu promotif (meningkatkan kesehatan), preventif (mencegah sakit), kuratif (mengobati sakit), dan rehabilitatif oleh anggotanya.

Sampah yang biasanya tidak berguna dan setiap hari selalu dihasilkan oleh masyarakat, kini dapat menjadi sarana untuk berobat. Ide sederhana seperti itulah yang membuat Gamal akhirnya mendapat pernghargaan baik di dalam negeri maupun luar negeri, dari diapresiasi oleh Pangeran Charles hingga berdiskusi tatap muka dengan Vladimir Putin.

Related posts