Dilabeli Sebagai Muslim Yang Baik, Inilah 5 Bukti Ketaatan Khabib Sang Petarung UFC

Berbagisemangat.com – Setelah Conor Mc Gregor, Ben Askren, atau Dana White, tentunya pencinta UFC (Ultimate Fighting Championship) tidaklah asing dengan sosok Khabib Nurmagomedov. Selain berhasil mempertahankan sabuk UFC Lightweight Championship pria 30 tahun ini juga menjadi satu-satunya petarung asal Rusia yang mampu menjadi juara di ajang tersebut. Tidak berhenti disitu saja, Khabib juga terkenal sebagai atlet muslim yang taat dalam menjalankan perintah agamanya.

Seperti salah satu contohnya ketika menolak dengan tegas minuman beralkohol, ketika konferensi pers sebelum laganya menghadapi Mc Gregor. Apakah hanya itu saja buktinya? Tentu saja tidak. Khabib juga menunjukkan ketaatannya dalam berbagi hal lain. Berikut boombastis akan berikan kepada kalian ulasan mengenai bagaimana taatnya petarung Rusia tersebut dalam urusan ibadah dan menjadi aturan-aturan di agama islam.

Memiliki prinsip tidak mau melenceng dari agama yang dianut

Selain selalu menjalankan perintah agama, seperti sholat, puasa dll, Khabib ternyata juga menjadi sosok muslim yang mempunyai prinsip yang kuat mengenai perintah agamanya. Pria 30 tahun ini mengaku tidak mau melenceng sedikitpun dari norma-norma yang telah diatur oleh agama yang dianutnya sekarang. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana ia membangun citranya di olahraga tarung bebas itu dengan sederhana. Dimana Khabib tidak mau untuk merajah dirinya (bertato) atau bergaya seperti atlet UFC lain yang lekat dengan wanita-wanita, minuman alkohol dan dunia hiburan malam.

Selalu merindukan untuk beribadah di tanah suci

Sisi keislaman lain dari seorang Khabib juga tergambar dari bagaimana kencintaannya terhadap tanah suci (Mekkah Madinah). Bahkan petarung berbadan kekar ini juga sempat berujar apabila selalu merindukan Mekkah. Lantaran kondisi ini, ia tercatat sudah berkali-kali datang ke sana untuk melaksanakan ibadah umroh . Berkaca dari kehidupan spiritual yang semacam itu, tidak salah kalau di dalam dan luar ring ia hampir tidak pernah tergoda untuk melakukan hal-hal yang melanggar perintah agamanya. Malahan, ia terlihat sebagai muslim yang memiliki sikap rajin dalam beribadah. Hebat bukan sobat?

Tidak mau bertanding di saat bulan ramadhan

Hal lain yang menunjukkan bagaimana taatnya ia kepada agama yang dianutnya adalah ketika Khabib menolak untuk bertanding pada bulan puasa. Kebijakan tersebut diambil karena ia memprioritaskan bulan Ramadhan sebagai waktu untuk fokus mendalami dan mematangkan ibadahnya. Seperti mengutip laman Kumparan.com, pria asal Rusia ini juga menuturkan apabila “Ramadhan ada di level yang berbeda. Ini segalanya bagi saya. Saya tak bisa bertarung di bulan Ramadhan,”. Sebuah hal yang tentunya amatlah baik, namun terlepas dari hal tersebut bulan suci dengan puasa juga dapat mempengaruhi performa seorang atlet dengan olahraga berat macam Khabib ini.

Nilai-nilai islam selalu hadir dalam kariernya

Selain beberapa hal tadi, Khabib juga acap kali mempertontonkan nilai-nilai islam kepada khalayak ramai jagad UFC. Seperti salah satu contohnya ketika pria 30 tahun ini menang, ia akan melakukan sujud syukur sebagai bentuk terimakasih kepada Tuhannya. Selain itu, Khabib juga selalu berdoa dengan menadahkan tangan kepada sang pencipta sebelum pertandingan dimulai. Bahkan sesaat menang setelah menghadapi petarung Irlandia kata-kata yang muncul dari mulutnya adalah Alhamdulilah. Seperti dikutip laman Republika.co.id, begini penuturannya “Pertama yang harus katakan adalah Alhamdulillah. Tanpa Allah kita ini bukan siapa-siapa. Tanpa Tuhan kita tidak bisa mendapatkan apa-apa,” ujar Khabib.

Menolak memerankan iklan minuman keras meski dibayar mahal

Dari sekian hal tadi, beberapa waktu yang lalu Khabib juga sempat menunjukkan bagaimana taatnya ia terhadap aturan di agamanya, dengan menolak menjadi pemeran iklan sebuah produk minuman keras. Padahal saat ajakan tersebut muncul pihak dari pemberi pekerjaan berani membayar petarung tersebut dengan nilai yang tinggi. Mungkin, bila mau menerima uangnya ia bisa tiba-tiba mendadak kaya. Melansir laman Antvklik.Com, saat ditanya kenapa menolak hal tersebut, atlet yang belum tersentuh kekalahan ini menjawab, jika tidak mau menjadi contoh buruk untuk pemuda muslim.

Apa yang dilakukan oleh Khabib tersebut merupakan hal yang amatlah patut untuk ditirukan. Pasalnya, dengan berpegang teguh kepada norma ajaran agama akan menghindarkan atlet dari sebuah hal-hal negatif. Terlepas dari hal tersebut, Khabib juga menjadi bukti kalau atlet muslim semakin mampu berbicara banyak di olahraga dunia.

Related posts