Diperingati Setiap 20 November, Apa Itu Hari Anak Universal?

Berbagisemangat.com – Beberapa hari yang lalu, kita merayakan peringatan Hari Ayah Nasional, teman-teman.

Selain ada peringatan Hari Ayah dan Hari Ibu, ternyata juga ada hari peringatan untuk kita, anak-anak, lo!

Yap, hari ini, 20 November diperingati sebagai Hari Anak Universal, nih, teman-teman.

Wah, apa itu, ya, Hari Anak Unversal?

Hari Anak Universal yang diperingati setiap tanggal 20 November ini diresmikan pada tahun 1954 oleh United Nations atau Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Tujuan dari dibuatnya Hari Anak Universal

Tujuan dari dibuatnya Hari Anak Universal ini adalah untuk mempromosikan tentang kebersamaan internasional, kesadaran di antara anak-anak di seluruh dunia, dan meningkatkan kesejahteraan anak-anak.

Setelah penetapan Hari Anak Universal pada tahun 1954, kemudian PBB mengadopsi atau menerapkan berbagai hak-hak anak yang diatur dalam berbagai aturan.

Nah, ternyata kita sebagai anak-anak memiliki macam-macam hak atau segala sesuatu yang harus kita dapatkan sebagai anak-anak, lo.

Hak-hak itu antara lain kita sebagai anak-anak harus mendapat perlindungan dan berbagai fasilitas, serta tidak dibedakan berdasarkan penampilannya.

Anak-anak juga harus mendapatkan fasilitas kesehatan yang baik dan mendapatkan pendidikan yang baik.

O iya, hak-hak anak yang diatur dalam Deklarasi Hak Anak ini juga mengatakan kalau ada teman-teman kita yang mempunyai disabilitas, juga harus diberikan fasilitas yang baik, lo.

Konvensi Hak Anak

Selain Deklarasi Hak Anak, melalui PBB, 191 negara juga menandatangani perjanjian yang disebut Konvensi Hak Anak, nih, teman-teman.

Konvensi Hak Anak ini adalah pelaksanaan dari hak anak yang sudah ada di Deklarasi Hak Anak, dan negara-negara yang menandatangani konvensi ini harus menjalankannya.

Pada peringatan Hari Anak Universal tahun 2018 ini, PBB mengajak kita untuk mengambil alih dunia dan mengubah dunia menjadi biru, lo.

Mengubah dunia menjadi biru ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, nih, seperti teman-teman berfoto dengan memakai baju atau berbagai aksesoris berwarna biru.

Foto tersebut kemudian teman-teman unggah ke sosial media milik teman-teman.

Dengan foto-foto tersebut anak-anak akan menjadi sorotan di berbagai media, nih, seperti televisi, sosial media, dan berbagai media lainnya.

Dari kampanye yang dilakukan oleh PBB ini, menunjukkan kalau anak-anak juga bisa mengambil bagian untuk mengubah dunia.

Related posts