Diterjang Ombak Besar, Para Pelaut Ini Tetap Salat di Atas Kapal Terombang Ambing

Berbagisemangat.com – Salat menjadi tumpuan penting, serta ibadah utama bagi umat Islam. Berbagai kemudahan telah diajarkan supaya dapat ditunaikan dengan baik dan istiqomah.

Selain kemudahan tersebut, salat juga bisa diqadha atau mengganti salat wajib lima waktu yang tertinggal. Tak ada kekangan yang membuat umat terbebani. Selama dijalankan dengan tulus ikhlas, atas niat berserah diri pada Allah SWT.

Termasuk pada pelaut yang sempat viral di media sosial. Meski kapal diterpa ombak di malam hari, tak menyurutkan niat mereka untuk beribadah. Seraya lantunan zikir, terjangan ombak ke kanan dan ke kiri saling berpadu.

Terlihat tujuh orang pelaut tengah menunaikan salat berjamaah di atas kapal. Tepat di atas deck atau geladak, mereka seraya memanjatkan doa. Menengadahkan tangan dengan tetap mempertahankan posisi duduk, sebab digoyang terpaan ombak.

Meski begitu, para peluat ini tetap berusaha khusyu’ menghadap pada Tuhan. Sesekali tubuhnya harus memutar, demi mengikuti irama goyangan kapal, supaya tetap seimbang.

Video yang dilansir dari akun Instagram manaberita itu, memperlihatkan ketujuh pelaut harus terus duduk bersimpuh. Ibadah salat di malam hari itu tidak memungkinkan bila ditunaikan dengan berdiri.

Karena posisi ombak terbilang cukup besar. Sehingga dibutuhkan keseimbangan yang ekstra. Posisi tersebut akan menjaga tubuh mereka tetap berada di tempat. Layaknya salat sembari duduk pada umumnya. Seperti gerakan rukuk dengan sedikit membungkukkan badan, serta mengangkat tangan sebagai takbiratul ihram.

Terlihat di pinggir kapal, terdapat seorang pelaut yang sepertinya tengah berjaga. Diperkirakan tim pelaut yang tengah mencari rezeki di tengah laut tersebut, saling bergantian.

Saat tujuh orang menunaikan salat, seorang yang lain berjaga di pinggir kapal untuk mewaspadai. Sedangkan pelaut yang lain, mungkin bertugas di kemudi. Begitu banyak warganet yang salut dengan kekompakan dan taatnya pada bapak pelaut tersebut.

Related posts