Efek Pencemaran Lingkungan, Burung Ini Suapi Anaknya Puntung Rokok

Berbagisemangat.com – Dampak pencemaran lingkungan tidak hanya merugikan manusia saja melainkan juga binatang. Seperti halnya insiden yang akhir-akhir ini menjadi viral. Akibat limbah puntung rokok di laut, seekor burung menyupai anaknya dengan puntung laut.

Dilansir dari tribunnews.com, berdasarkan Laporan dari Truth Initiative menyebut kalau puntung rokok yang menempati posisi tersebut menyumbang sekitar 30-40 persen polutan di laut.

Bahkan sempat ada foto viral yang menunjukkan seekor burung menyupai anaknya dengan puntung rokok. Tentu saja hal ini banyak membuat orang geram. Manusia yang seharusnya bisa menjaga lingkungan malah melakukan hal yang merugikan spesies lain.

Foto yang diuanggah oleh akun Facebok bernama Karen Mason pada Selasa tanggal 25 JUni 2019 tersebut juga banyak menuai kritik dari netizen. Mereka sangat menyayangkan perilaku manusia yang membuang sampah di sembarangan. Apalagi jika puntung rokok dibuang di hutan bisa menyebabkan kebakaran hutan yang justru berujung vatal. Tidak hanya merugikan binatang saja, puntung rokok yang dibuang di laut tentunya juga bisa merusak keindahan laut.

“Kalau kamu seorang perokok, tolong puntungnya jangan dibuang sembarangan,” tulis Karen di akun facebooknya.

“Sampah ini tidak hanya melukai hewan tapi juga berbahaya bagi lingkungan karena bisa menyebabkan kebakaran hutan. Foto ini punya pesan yang kuat. Sangat menyedihkan,” ungkap salah satu netizen.

Membuang puntung rokok di laut ternyata juga bisa berdampak buruk bagi kehdupan yang erada di laut. Berdasarkan studi yang dipublikasi dalam jurnal Tobacco Control melihat kalau puntung rokok beracun bagi kehidupan di laut. Menurutnya ikan yang berada di laut bisa mati akibat tercemar puntung-puntung rokok itu.

Dilansir dari detiknews.com, puntung-puntung rokok tersebut berakhir di laut akibat kebiasaan buang sampah sembarangan. Sekitar dua per tiga puntung rokok yang dibuang di pinggir jalan, got, atau sungai akan mengalir mengikut arus air hingga akhirnya berakhir di laut.

Semoga dengan adanya foto diatas, kita sebagai manusia bisa lebih menjaga lingkungan di sekitar saja. Cukup dengan cara sederhana yaaitu dengan tidak membuang sampah sembarangan. Walaupun terkesan sebagai aksi kecil, hal tersebut bisa menyelamatkan binatang-binatang di luar sana dari kepunahan akibat ulah manusia.

Related posts