Hari Anti Korupsi Internasional : Diberi Imbalan Rp 44 Juta setelah Temukan Rp 330 Juta di tempat Sampah, Tukang Sapu Menolak

Berbagisemangat.com – Tidak semua orang yang silau dan tergiur dengan uang banyak walau profesinya tukang sapu meski itu diberikan sebagai imbal jasa.

Mungkin banyak orang akan diam dan membawa pulang, ketika menemukan uang ratusan juta dan tidak ada seorangpun yang mengetahui.

Seperti yang diviralkan, tukang sapu yang jujur itu telah menemukan uang berjumlah 150.000 yuan (sekitar Rp330 juta) di dalam sampah dan mengantarnya ke pihak berwajib patut diacungi jempol.

Namun Li Man, bukan hanya mengembalikan sejumlah besar uang, dia bahkan enggan menerima hadiah untuk membalas kejujurannya kerana dia merasa melakukan hal yang sudah seharusnya dia lakukan.

Melansir dari South China Morning Post, Li Man menemukan tas yang mencurigakan ketika dia membersihkan jalan di daerah komersial Haikou, Ibukota wilayah pulau Hainan.

uang1
Li Man (kiri) yang menemukan uang senilai 150.000 yuan. sinarharian

 

Tas itu menarik perhatiannya karena berat dan dia membuka tas karena penasaran. Dia terkejut melihat sebuah kantong plastik yang dipenuhi dengan 100 yuan.

“Tas ini secara tidak sengaja terjatuh di sini dan pemiliknya pasti sangat cemas.”

“Saya perlu pastikan uang dikembalikan dengan cepat,” katanya memberitahu Haikou TV.

Selepas menemukan uang itu, Li mengantarkan uang ke pihak berwajib.

Setelahnya, polisi melakukan investigasi berdasarkan pengaturan tanda terima yang ditemukan dengan uang tunai dan menemukan informasi milik seorang pengusaha berpengalaman bernama Zhu.

Setelah dua jam, uang tersebut telah dikembalikan kepada Zhu oleh pihak bewajib. Dia memperkenalkan dirinya sebagai kepala perusahaan lokal dan mengatakan uang tunai itu terbuang kerana dianggap sampah.

Zhu juga menawarkan kepada Li Man hadiah 20.000 yuan (Rp44 juta) atas kejujurannya. Namun Li Man menolak secara baik dan memberitahu hal semacam itu sudah seharusnya dilakukannya.

Related posts