Haru, Seorang Gadis Kecil Dengan Penglihatan Kurang, Dengan Sabar Ajarkan Cara Gunakan Tongkat Penunjuk Jalan Pada Temannya Yang Tunanetra

Berbagisemangat.com – Kekurangan bukanlah halangan untuk bisa membantu orang lain. Melansir dari Dailymail, beredar sebuah video yang menunjukkan pada kita bahwa kekurangan bukanlah suatu halangan untuk membantu orang lain.

Dalam video itu, tampak dua gadis kecil yang sedang saling membantu satu sama lain. Meski berusia belia, gadis kecil yang tergerai rambutnya itu tampak tengah membantu teman sebayanya.

Miliki kekurangan yang hampir sama, gadis kecil yang tak dapat melihat secara normal itu mengajarkan teman tunanetranya, bagaimana menggunakan tongkat penunjuk jalan.

Dari portal berita yang sama, diketahui gadis kecil yang baik hati itu bernama Valentina. Kejadian mengharukan itu terjadi di Mixco, Guatemala. Dengan sabar, Valentina mengajari kawannya itu bagaimana memegang tongkat penunjuk jalan yang benar.

“Genggam seperti ini! Dan jari tengahmu di sini, lalu gerakkan tongkatnya seperti ini,” ujar Valentina seperti yang dikutip dalam video pada Jumat (19/7/2019).

“Nah, tangan satunya meraba, seperti ini,” lanjutnya sambil mengarahkan sebelah tangan temannya yang itu pada sebuah pagar.

Gadis kecil yang rambutnya dikucir kuda, Mia, dengan penuh perhatian mendengarkan arahan Valentina. Dia dengan langkah kecil mulai berjalan, sambil memegang tongkat penunjuk jalan itu.

Tahu temannya mulai berani melangkah, Valentina berinisiatif membiarkan Mia mencoba sendiri.

“Mendekat dan cobalah mulai meraba, aku akan berjalan di sini (disamping Mia) kalau-kalau terjadi sesuatu,” ujarnya.

Keduanya lalu berjalan berbarengan. Tepat saat keduanya sampai di jalanan menurun, terdengar suara pria yang menyatakan bahwa keduanya telah sampai ke posisi yang dituju.

“Bagaimana Mia? kita sudah sampai!” serunya.

Dua gadis itu adalah anggota dari Fundal. Fundal adalah sebuah organisasi non-profit yang bekerja untuk mengembangkan kemampuan para penyandang disabilitas.

Perwakilan dari Fundal, Diana Bonilla, menyampaikan momen tersebut sangatlah spesial.

“Meski anak-anak sering membantu satu sama lain, tapi ini pertsma kalinya kami dapat mengabadikan momen ini dan membagikannya pada dunia,” ungkapnya.

Related posts