Ibu Pertiwi Memanggil, Dicari Relawan Untuk Menangani COVID-19

BerbagisemangatKetua Iluni Universitas Indonesia sekaligus Koordinator Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona (COVID-19), Andre Rahadian mengatakan pendaftaran relawan percepatan penanganan virus Corona akan dipusatkan di website Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Kita sudah mencoba untuk merekonsiliasi semua perekrutan dan juga distribusi dari relawan yang ada saat ini melalui website BNPB dan juga COVID19.go.id. Di sini akan dijadikan pusat pendaftaran dan juga pusat data dari semua relawan yang ada terutama relawan medis,” ungkap Andre di Graha BNPB, Jakarta (25/3/2020).

Perekrutan relawan ini, dikhususkan untuk tenaga medis. Menurut Andre, relawan medis dibutuhkan karena tenaga medis yang ada di rumah sakit harus masuk isolasi. Untuk itu, peran serta masyarakat dari dokter, perawat, ahli kesehatan masyarakat sangat diperlukan.

“Kami memanggil semua dan juga sudah banyak organisasi-organisasi kedokteran, organisasi perawat yang sudah bergabung dalam Gugus Tugas ini. Yang mudah-mudahan dalam satu atau dua hari ini bisa kita kumpulkan bersama-sama. Di mana distribusi penyebaran dari relawan ini akan segera dilakukan,” ajak Andre.

Sementara untuk distribusi relawan, Andre mengatakan secara rinci akan disampaikan melalui website BNPB maupun COVID19.go.id.“Hal untuk pendistribusian relawan-relawan, jadi dalam beberapa hari ke depan pengumpulan distribusi dan juga penyebarannya di mana saja akan kami sampaikan secara lebih rinci. Bisa dilakukan lewat pesan seperti ini dan juga akan di post di website resmi BNPB dan Gugus Tugas COVID 19,” katanya.

Selain itu, BNPB juga dalam dua hari kemarin sudah mengumumkan rekening khusus dalam percepatan penanganan COVID 19 ini. Pihaknya telah menerima bantuan berupa uang maupun barang. Dalam satu hari ke depan, kata Andre akan diterbitkan daftar barang yang diperlukan dan juga distribusinya.

“Mudah-mudahan besok kita sudah bisa menerbitkan daftar dari barang-barang yang kami perlukan dan juga tempat-tempat dimana barang tersebut bisa didistribusikan. Kita mulai dari Jakarta sampai nanti akan menyebar ke seluruh Indonesia,” ucapnya.

Related posts