Resep Bahagia ala Einstein, Seharga Rp 21 Miliar

Berbagisemangat.com — Bukannya memberikan uang tip, Albert Eisntein justru memberikan lembaran kertas berisi resep kebahagiaan kepada seorang pelayan.

“Sebuah kehidupan yang tenang dan sederhana membawa kegembiraan lebih banyak dibanding mengejar kesuksesan yang senantiasa diliputi kegelisahan,” tulis fisikawan itu dalam bahasa ibunya, Jerman. “Di situ ada kemauan, di situ ada jalan,” imbuhnya di lembaran kedua.

Petuah-petuah itu ditulis sendiri oleh Einstein untuk seorang pelayan Jepang yang mengantarkan pesanan ke kamarnya di Imperial Hotel di Tokyo tahun 1922, tidak lama setelah ilmuwan itu mengetahui bahwa dirinya mendapatkan hadiah Nobel, lapor Euronews.

“Mungkin jika kamu beruntung, catatan-catanan ini nantinya akan jauh lebih berharga dibanding (uang) tip biasa,” kata Einstein kala itu kepada si pelayan.

Dalam lelang pada hari Selasa 24 Oktober 2017 di Al-Quds (Yerusalem), tulisan Einstein di kertas berlogo Imperial Hotel itu terjual $1,56 juta (sekitar 21 miliar rupiah). Seorang jubir dari Winner’s Auctions and Exhibitions kepada Jerusalem Post mengatakan bahwa tulisan kedua Einstein di kertas polos terjual $240.000.

Kedua lembaran kertas itu berasal langsung dari cicit-keponakan si pelayan Jepang.

Please follow and like us:

Related posts

Leave a Comment