Abah Komar, Kakek 76 Tahun Penjual Kitab di Trotoar Sukabumi

Berbagisemangat.com – Namanya Abah Komar, di usianya yang sudah 76 tahun tidak menghalanginya untuk berjualan di emperan trotoar Jalan RE Martadinata, tidak jauh dari kantor Pajak Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Mulutnya tidak berhenti berdzikir, sesekali jarinya menggeser butiran tasbih yang melingkar di pergelangan tangannya.

“Sehari untuk dapat satu pembeli saja kadang sulit, tapi namanya juga ikhtiar semuanya saya serahkan ke Allah SWT. Kalau memang rezekinya ya ada saya sisihkan untuk makan, kalau ada lebihnya saya bawa pulang,” ungkapnya.

Abah Komar, Kakek 76 Tahun Penjual Kitab di Trotoar Sukabumi
Foto: Syahdan Alamsyah

Abah haji demikian orang menyebutnya warga asli Kampung Cibeungang, RT 10 RW 003, Desa Sukamanah, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Sukabumi. Sepuluh hari sekali dia pulang ke kampung halamannya untuk memberikan rezeki kepada sang istri, Romsyiah (58).

Selain kitab suci Alquran, abah juga menjual buku tuntunan salat, tasbih, kitab berbahasa sunda dan kisah nabi dan rasul. “Ada orang yang percaya buat saya berjualan, kadang kalau ada rejeki sedikit saya pakai buat modal. Enggak seberapa yang penting kalau pulang ada yang bisa di bawa ke istri,” lirihnya.

Wawancara dengan abah terhenti sejenak, ketika seorang pembeli menghampiri lapaknya. Satu buku tuntunan solat seharga Rp 35 ribu laku terjual, si pembeli yang membayar dengan uang Rp 50 ribu terlihat enggan mengambil kembaliannya. Abah lalu membalasnya dengan doa dan harapan baik kepada si pembeli.

“Semoga usahanya lancar, diberikan keturunan yang saleh dan sukses. Aamiin, aamiin nuhun jang,” ucap Abah sambil berkali-kali menyalami si pembeli dengan erat.

Abah terkesan pemalu, beberapa kali dia menutup wajahnya saat akan diambil gambar menggunakan kamera. “Ekeur naon jang, duh abah mah sok era ari dipotoan teh (Buat apa nak, duh abah suka malu kalau diambil foto),” spontannya.

Abah mengaku tidak menyerah meski usianya senja, dia tidak mau membebani keluarganya. Dua anaknya sudah menikah dan berkeluarga, dia ingin mandiri. “Abah masih bisa kerja, masih bisa ikhtiar dan memberikan uang halal ke istri,” pungkas dia.

Please follow and like us:

Related posts