Ingin Tantangan Baru, Manajer Bank Ini Pilih Jadi Petani dan Peternak

Berbagisemangat.com – Kenny Soon We Hong, seorang manajer bank mengundurkan diri dari pekerjaannya. Ia justru lebih memilih menjadi petani dan peternak di kampung halamannya di Bakri, Distrik Muar, Selangor, Malaysia.

Kenny dikabarkan memiliki gaji cukup besar dan menduduki posisi manajer. Namun, demi mewujudkan impiannya, Kenny ternyata berani mengambil langkah besar dalam hidupnya yakni menjadi seorang petani dan peternak.

Mengutip The Star, Kenny yang kini berusia 38 tahun menyebut telah menjadi seorang manajer bank selama delapan tahun. Akan tetapi, dalam hati kecilnya, ayah dari tiga anak ini selalu bermimpi ingin menjadi petani.

Apa daya, menjadi petani ternyata tidaklah mudah. Biaya yang cukup besar harus digelontorkan untuk menjadi petani besar. Oleh karena itu, ia mengaku menekuni pekerjaannya sebagai manajer bank untuk mewujudkan impiannya menjadi petani dan peternak.

Setelah mengumpulkan modal, ia pun berhenti dari pekerjaannya pada 2012. Ia lalu membeli lahan untuk bertani. Tak main-main, Kenny membeli lahan seluas 2,8 hektar dan menanam 400 pohon kelapa di tanahnya tersebut.

Namun, niatnya untuk menjadi petani sukses ternyata tak semudah yang ia pikirkan. Tanaman pohon kelapanya tidak membuahkan hasil. Hal itu terjadi karena kurangnya pengetahuan dan pengalaman dalam bertani.

“Itu sangat buruk. Tidak ada pengalaman dalam bertani, dan tanaman saya juga dibasmi hama pada saat itu,” tulis Kenny.

Kendati demikian, bukan petani namanya jika tidak pernah mengalami kegagalan dalam bercocok tanam. Kenny pun tak patah arang. Ia kemudian mulai mempelajari bagaimana bertani dengan baik.

Pada 2019, ia mengubah lahannya menjadi peternakan untuk menghasilkan kompos yang baik bagi tanamannya kelak. Dari peternakannya itu, Kenny telah memiliki 150 kambing, 200 ekor ayam, dan bebek. Ia juga menggunakan kompos sebagai pupuk untuk tanamannya.

Terbukti, berkat kerja kerasnya, Kenny telah mendapatkan hasil dengan menjual hasil kebunnya berupa kangkung, daun ubi, pisang ke berbagai pasar di Malaysia. Selain itu, ia juga memanfaatkan media sosial untuk memasarkan hasil perkebunannya tersebut.

Meski hasil panennya tidak sebanyak gajinya sewaktu masih menjadi manajer bank, namun Kenny mengungkapkan sangat senang dengan pekerjaan barunya ini. Bahkan, ia sama sekali tidak pernah menyesali keputusannya berhenti bekerja dari bank.

“Saya senang dengan pekerjaan saya saat ini karena keluarga juga mendukung keputusan saya. Saya menemukan kenyamanan dalam bertani dan kini saya juga dibantu oleh ayah dan dua karyawan saya,” pungkas Kenny.

Artikel : Kumparan.com

Related posts