Ini Hijabers Pertama yang Jadi Pembawa Acara Berita di AS

Berbagisemangat.com – Di tengah peliknya pemberitaan tentang teroris dan Islamophobia di Amerika, muncul satu sosok hijabers yang dengan berani menjadi pembawa berita di layar kaca. Dia adalah Tahera Rahman.

Ia mencatat sejarah sebagai wanita berhijab pertama yang muncul di televisi Amerika sebagai pembawa berita. Wanita berusia 27 tahun menjadi pembaca berita acara CBS-affiliate Local 4 News di Rock Island.

“Melepaskan hijab mungkin akan mempercepat proses aku mendapatkan posisi dan karir seperti ini. Tapi, aku pikir itu bukanlah sesuatu yang layak untuk dikorbankan,” ujar Tahera Rahman dilansir dari Quad City Times.

Ini Hijabers Pertama yang Jadi Pembawa Berita di AS
Foto: Quad City Times

Dengan dukungan keluarganya, Tahera Rahman bertransisi dari produser yang bekerja di belakang layar menjadi reporter yang tampil di layar kaca. Rahman yang sudah berhijab dari kecil, memang bercita-cita jadi jurnalis.

Ia pun lulus dari Loloya University Chicago tahun 2013 mengambil jurusan Jurnalis. Profesor di kampusnya pernah berkata padanya bahwa menjadi seorang reporter dengan hijab yang ia kenakan akan sangat sulit.

“Jika suatu hari nanti, kamu mendapatkan tawaran pekerjaan impianmu itu, tapi mereka ingin kamu melepaskan hijab, apa yang akan kamu lakukan?” tanya sang profesor kepada Rahman.

Dengan tegas Rahman menjawab tidak. Kemudian profesornya menjawab, “Siap-siap untuk berulang kali berkata tidak”.

Ini Hijabers Pertama yang Jadi Pembawa Berita di AS
Foto: Quad City Times

Selama tiga tahun bekerja di dunia broadcasting, dia beberapa kali melamar pekerjaan dan beberapa kali ditolak untuk pekerjaan reporter. Rahman mengaku helaian hijab yang ia kenakan ini sangat berarti.

“Aku sudah melakukan banyak hal yang aku inginkan dalam hidupku dengan memakai hijab dan aku tidak pernah merasakan hijab itu membatasi apapun,” ungkap Rahman kepada Quad City Times.

Ia pun tetap berusaha dan berjuang, hingga akhirnya Tiffany Lundberg pembaca acara berita malam di Local 4 News menceritakan kisah Rahman kepada dunia. Pada momen itu, ia pun mengumumkan Tahera Rahman sebagai reporter full time muslim pertama yang mengenakan hijab dan tampil di stasiun TV mainstream di Amerika.

Video itu pun jadi viral. Unggahan video di Facebook sudah dibagikan lebih dari 7000 kali dan ditonton oleh jutaan pasang mata. Gebrakan ini juga mendapatkan banyak apresiasi baik dari kalangan muslim maupun non muslim.

[Berbagisemangat.com –

Related posts