Inspiratif! Walau Memiliki Keterbatasan Fisik, Pria Ini Ini Raup Rp 27,6 Juta Per Hari dari Jualan Kebab

Berbagisemangat.com – Meski tubuhnya kerdil, Ikhsan Sirat tak patah semangat menjemput rezeki. Buktinya kini ia mampu hasilkan Rp 27,6 juta per hari dari berjualan kebab.

Keterbatasan fisik sering kali membuat orang yang mengalaminya minder, namun Ikhsan Sirat dari Malaysia tidak menjadikan kekurangan dirinya sebagai penghalang untuk sukses. Meski tingginya kurang dari 100 cm, ia tetap percaya diri berjualan.

Dikutip dari World of Buzz (28/11), pria 57 tahun ini memulai usahanya dengan berjualan makanan di pasar malam sekitar 30 tahun lalu. Menu yang ditawarkannya kala itu adalah burger murah meriah.

Inspiratif! Pria Kerdil Ini Raup Rp 27,6 Juta Per Hari dari Jualan KebabFoto: Istimewa

Seiring waktu, Ikhsan mengganti jualannya jadi kebab. “Secara fisik, saya tidak punya masalah untuk mobilitas, tapi jualan burger membutuhkan lebih banyak pegawai dan wajan besar yang membuat saya sulit bergerak,” ujarnya. Ia lalu mulai menekuni bisnis kebab.

Di kalangan pelanggannya, Ikhan dipanggil Wak. Sosoknya juga mudah diingat karena fisik Ikhsan berbeda dari penjual kebab lainnya. Kini pria yang punya 2 istri ini bisa menghasilkan hingga RM 8.000 per hari atau sekitar Rp 27,6 juta. Bisnisnya berkembang dari 1 food truck menjadi 5 food truck sekarang.

“Saya memakai daging yang sangat segar, dan saya menggunakan 25 rempah untuk membuat ‘Wak Ikhsan Kebab.’ Saya tidak punya tempat berjualan tetap, dan food truck akan selalu ada di area universitas dan tempat lain,” lanjut Ikhsan.

Inspiratif! Pria Kerdil Ini Raup Rp 27,6 Juta Per Hari dari Jualan KebabFoto: Istimewa

Bagi Ikhsan tubuh kerdilnya bukanlah penghalang. “Kecacatan bukanlah hambatan. Yang penting adalah minat pada bisnis itu sendiri dan berjuang mencapai kesuksesan. Penyandang disabilitas harus berani dan mau mengambil peluang di depan merekan,” pungkas Ikhsan.

Sebelumnya kisah remaja kerdil dari Inggris juga menarik perhatian. Bernama Louise Makepeace, remaja ini sempat ditolak masuk ke sekolah masak di Inggris karena tubuhnya kerdil.

Pihak sekolah beralasan khawatir keamanan Louise berisiko karena sekolah di sana. Kisah Louise pun menarik perhatian celebrity chef Gordon Ramsay. Ia malah menawarkan Louise magang di restorannya.

Related posts