Israel Kembali Serang Gaza, RS Indonesia Terdampak

Berbagisemangat.com – Israel kembali melancarkan serangan udara terhadap Jalur Gaza, Palestina, pada Sabtu (27/10) pagi waktu setempat. Akibatnya, sejumlah bangunan mengalami kerusakan, termasuk Rumah Sakit Indonesia di Bayt Lahiya, Gaza Utara.

Berdasarkan informasi dari relawan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) di Gaza, Reza Aldilla Kurniawan, Israel menggunakan jet tempur F16 untuk menjatuhkan lima roket di dekat RS Indonesia.

“Dentuman keras kelima roket tersebut menyebabkan guncangan keras di area sekitar, bahkan mengakibatkan kerusakan di beberapa bagian RS Indonesia. Ruangan yang mengalami kerusakan di antaranya ruangan kantor administrasi, toilet, koridor, ICU, dan lainnya,” jelas Reza dalam keterangan tertulis MER-C, Sabtu (27/10).

Guncangan kuat juga turut dirasakan di Wisma Rakyat Indonesia di Rumah Sakit Indonesia sehingga relawan berlarian menyelamatkan diri.

“Guncangan besar sekali, debu-debu jatuh dari atap. Saya langsung keluar dari wisma dan melihat kondisi Rumah Sakit Indonesia mengalami kerusakan di beberapa bagian,” ungkapnya.

Para pasien pun terpaksa dipindahkan sementara ke lorong-lorong demi keselamatan. Namun, Reza memastikan tidak ada korban jiwa dalam serangan ini. FYI, RS Indonesia di Gaza adalah salah satu rumah sakit asing yang diresmikan oleh Wapres JK pada 2016.

Serangan Israel ini diduga sebagai reaksi balasan kepada kelompok bersenjata di Gaza yang meluncurkan roket ke Israel. Kelompok bersenjata bernama Jihad Islam ini meluncurkan roket karena tentara Israel membuat 4 warga Palestina tewas saat demonstrasi.

Please follow and like us:

Related posts