Jajakan Ikan Asin dari Kampung ke Kampung, Kakek Ini Sering Tahan Lapar Bila Daganganya Tak Laku

Di masa tua, tak sedikit orang yang terpaksa masih harus bekerja keras agar perut tetap bisa terisi. Hal ini juga yang harus dialami seorang kakek berusia 77 tahun asal Karawang yang akrab disapa abah Ija.

Meski usianya tak lagi muda, abah tetap sabar dan semangat menjajakan ikan asin dari satu kampung ke kampung lain meski kadang harus menahan lapar bila dagangannya tak laku. Kisah ini dibagikan oleh akun Instagram @partner_in_goodness.

Melansir dari akun itu, abah Ija sehari-harinya mengais rezeki dari berjualan ikan asin. Abah biasanya berjalan dari satu kampung ke kampung lainnya dengan menjajakan dagangan yang beliau ambil dari seorang agen.

Sejak pagi, abah sudah menempatkan kotak tua yang berisi ikan asin dagangannya ke sepeda beliau. Tak banyak yang bisa dihasilkan abah. Bila semuanya laku terjual, abah bisa mendapat Rp. 50 ribu per tiga hari dengan catatan semau dagangannya laku terjual.

Mirisnya, bila semua dagangannya itu tak laku terjual, abah harus menahan lapar karena tak ada makanan yang bisa dibelinya.

Nggak jarang abah juga terpaksa berkeliling lebih jauh untuk mencari pembeli. Sayangnya, kadang tubuh abah yang tak lagi muda tak sanggup bila diajak bekerja keras. Bila seperti itu, biasanya abah Ija akan istirahat sebentar agar sakit di kakinya bisa reda.

Abah Ija sendiri tinggal di dusun Kedung Wowo, Desa Tanjung Jaya, RT 13/ RW 06, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Kerawang. Rumah beliau juga bisa dikatakan jauh dari kata layak. Gubuk abah sudah hampir roboh dan banyak bagian yang bocor.

Dalam rumah itu, abah tak tinggal sendirian. Ia hidup bersama sang anak yang setiap harinya bekerja sebagai tukang kuli serabutan. Penghasilannya pun juga tak menentu.

Meski begitu, abah Ija tak pernah mengeluh dan tetap semangat bekerja meski dalam hati abah tetap berharap suatu saat bisa hidup dengan lebih layak.

Bikin haru ya kisah perjuangan abah. Akun @partner_in_goodness sendiri membuka donasi lho untuk membantu abah Ija. Semoga nantinya harapan abah bisa terkabul ya dan beliau bisa hidup dengan lebih layak.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Tubuh telah renta dan melemah namun kerja keras tak pernah usai, terkadang pun tubuh renta itu harus menahan perih nya lapar. Abah Ija lansia berumur 77 tahun yang tinggal di Dusun Kedung Wowo Desa Tanjung Jaya Rt13 Rw06 Kecamatan Tempuran Kabupaten Karawang. Sehari hari Abah Ija berkeliling kampung demi kampung untuk menjajakan Ikan Asin yang beliau ambil dari seorang agen. Abah Ija berangkat sejak pagi membawa sebuah kotak tua yang beliau tempatkan diatas sepeda tua beliau. Kotak itu berisi Ikan Asin untuk beliau jual dengan cara berkeliling. Tak banyak yang dihasilkan Abah Ija, jika semua ikan asin bisa terjual maka Abah Ija bisa mendapatkan 50 ribu rupiah per tiga hari. Itu pun jika semua laku terjual, jika tidak maka Abah Ija harus bersiap menahan lapar karena tidak ada makanan yang bisa beliau beli. Abah Ija sering kali berkeliling jauh demi mencari pembeli, namun terkadang tubuh tua beliau tak sanggup diajak bekerja lebih keras, terkadang ditengah jalan beliau beristirahat karena sakit yang mendera kaki beliau. Ketika pulang ke rumah pun, Abah harus beristirahat di rumah yang hampir rubuh. Gubuk Abah Ija terbuat dari bilik dan banyak yang bocor, sehingga ketika hujan angin beliau harus bersiap kebasahan. Abah Ija masih memiliki seorang anak yang tinggal bersama beliau, anak Abah Ija berprofesi sebagai kuli serabutan yang tak menentu penghasilannya. Abah Ija tak mengeluh beliau tetap bekerja keras demi makan sehari hari namun beliau masih berharap suatu saat nanti bisa hidup lebih layak. Marilah teman teman PING kita bantu Abah Ija agar bisa berbahagia di hari tua nya. . Salurkan donasi terbaikmu melalui . Bank Mandiri Syariah (BSM) : 7770800808 Kode bank : 451 A/N : PARTNER IN GOODNESS (PING) Whatsapp : 085694390941 . . . #bantuabahija #dhuafa #lansia #tempuran #karawang #jawabarat #partnersingoodness #partners_in_goodness #PING #ping . @partners_in_goodness

Sebuah kiriman dibagikan oleh 🇮🇩 PING (@partners_in_goodness) pada

Related posts