Kisah di Balik Foto Viral Wanita yang Ikut Ujian Sambil Menyusui

Berbagisemangat.com – Wanita kerap dihadapkan dengan berbagai tantangan dalam menempuh pendidikan. Salah satunya kewajiban mengurus keluarga yang kadang menunda mereka untuk meraih gelar sarjana. Namun hal tersebut tidak dijadikan penghalang bagi seorang wanita bernama Jahan Taab. Ibu asal Afganistan itu bahkan mengikuti ujian masuk universitas sambil membawa anak viral yang kemudian menginspirasi banyak orang.

Jahan Taab belakangan viral di media sosial setelah fotonya sedang mengikuti ujian masuk universitas tersebar. Yang membuatnya viral adalah karena Jahan membawa serta bayinya yang masih berusia dua bulan. Dalam foto yang beredar, wanita 25 tahun tersebut terlihat duduk di bawah sambil membaca soal ujian. Di pangkuannya terlihat bayi kecil yang tidur dengan tenang.

Dilansir CNN, Jahan mengikuti ujian masuk universitas untuk mengambil jurusan sains sosial di Nasirkhosraw Higher Education Institute, kota Nilli, Afganistan. Saat ujian dimulai, bayinya pun menangis. Jahan kemudian memutuskan untuk duduk di bawah agar bisa mengerjakan soal sambil menyusui anaknya. Momen itu pun diabadikan oleh Yahya Erfan, dosen yang mengawas.

Kisah di Balik Foto Viral Wanita yang Ikut Ujian Sambil Menyusui
Foto: Facebook Yahya Erfan

Yahya yang merasa momen tersebut sangat powerful kemudian mengunggahnya di Facebook. Kini foto tersebut menjadi viral bahkan menginspirasi orang bahkan menginisiasi donasi kepada Jahan.

Jahan sendiri adalah ibu dari tiga orang anak. Untuk bisa mengikuti ujian masuk universitas ini, ia harus menempuh perjalanan enam hingga delapan jam dari kampungnya di Hoshto, distrik Miramar yang tidak dilewati kendaraan umum. Untungnya, semua berbuah manis karena Jahan dikatakan lulus ujian.

Meski dinyatakan lulus, Jahan masih punya satu tantangan lainnya. Menjadi seorang istri petani dari keluarga sederhana, ia sebenarnya khawatir mengenai biaya kuliah. Jahan pun dikatakan telah berdiskusi dengan pihak administrasi mengenai bantuan biaya untuk bisa menimba ilmu di sana.


Melihat kegigihan dan mengetahui latar belakang Jahan, cukup banyak pihak yang menginisiasi donasi. Salah satunya Afghan Youth Association melalui GoFundMe. “Kami ingin Jahan menjadi inspirasi bagi para wanita di Afganistan. Duduk di ujian sambil mengurus bayi adalah sesuatu yang di luar ekspektasi. Dia menghadapi tantangan-tantangan itu,” kata Parwiz Karimi selaku Presiden AYA.

Related posts