Kisah Donald Santoso, Atlet Basket Kursi Roda Asal Indonesia Yang Akan Bertanding Di Asian Para Games 2018

Berbagisemangat.com – Sebentar lagi, Indonesia akan kembali menjadi tuan rumah untuk ajang pertandingan olahraga terbesar di Asia. Ya, pada 6 hingga 13 Oktober mendatang Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk Asian Para Games 2018. Bagi kalian yang belum tahu, Asian Para Games merupakan ajang pertandingan olahraga se-Asia yang khusus ditujukan untuk para penyandang disabilitas.

Hari ini, mari kita berkenaln dengan salah satu atlet Indonesia yang akan bertanding di Asian Para Games bulan Oktober mendatang.
Dialah, Donald Santoso, atlet basket kursi roda asal DKI Jakarta.

Dulunya, ternyata Donald merupakan seorang atlet basket yang normal. Namun, karena ia mengalami cidera di bagian lututnya, Donald pun harus menjalani operasi lutut sebanyak enam kali yang ternyata berujung dengan hasil negatif. Hal ini diketahui melalui unggahan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di akun Instagramnya @aniesbaswedan pada Selasa (18/9/2018).

 

View this post on Instagram

 

Hari ini mari berkenalan dengan Donald Santoso, atlet Basket Kursi Roda asal DKI Jakarta di ajang #AsianParaGames2018. . Donald pun dulunya merupakan atlet basket normal, namun lantaran cidera lutut yang dialaminya hingga harus operasi lutut sebanyak enam kali, Donald kini merasa sangat bersyukur dan terbantu dengan adanya olahraga basket kursi roda ini yang membuatnya tetap bisa bermain dan bertanding basket. . Pengalamannya sebagai atlet yang bertanding di Amerika Serikat pada cabang olahraga ini membuatnya optimis bisa mengembangkan basket kursi roda di Tanah Air. Tahun lalu, Donald kembali ke Indonesia dan mulai mengembangkan basket kursi roda dengan mendirikan Jakarta Swift Wheelchair Basketball dan membantu membangun tim nasional pertama untuk basket kursi roda di Indonesia. . Mari kita dukung @jakartaswift.basketball di ajang Asian Para Games 2018! Mereka akan berlaga pada pertandingan pertama, 7 Oktober 2018, di Basket Hall Gelora Bung Karno Senayan. . #AsianParaGames2018 #ParaInspirasi #SemangatJakartaUntukAsia

A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on

Anies mengunggah sebuah foto Donald yang sedang duduk di kursi roda dan tengah memegang bola basket. Terdapat pula catatan ringkasan prestasi Donald selama menjadi atlet basket kursi roda. Donald pernah menjadi Kapten Tim Basket Kursi Roda Arizona State University pada tahun 2015 hingga 2016.

Donald juga pernah mendapatkan medali perak di ajang Asian Para Games Invitational Kapten Tim Nasional Indonesia Basket Kursi Roda di tahun 2018 ini. Berbekal pengalamannya selama di Amerika, Donald merasa optimis jika ia bisa mengembangkan basket kursi roda di tanah air.

Pada tahun 2017, Donald mulai mengembangkan basket kursi roda dengan mendirikan Jakarta Swift Wheelchair Basketball. Ia juga turut membantu membangun pembentukan tim nasional basket kursi roda pertama di Indonesia.

Melalui unggahan tersebut, Anies juga mengajak masyarakat untuk mendukung Donald di ajang Asian Para Games 2018 nanti. Rupanya, ia akan berlaga di pertandingan pertama Asian Para Games 2018, yakni 7 Oktober 2018 di Basket Hall Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta.

Related posts