Kisah Polisi Membagikan Sayur Gratis dari Kampung ke Kampung

Jiwa sosial seorang polisi di Jember, Jawa Timur ini patut ditiru. Sebelum pandemi Covid-19 dan masa transisi new normal, ia dengan tulus membagikan sayur dari kampung ke kampung.

Bripka Totok Widarto, anggota Polsek Mumbulsari, Jember ini tidak meminta bayaran bagi masyarakat miskin yang terdampak Covid-19. Menggunakan sepeda motor dari kampung ke kampung dan dengan biaya sendiri, Totok mengaku kasihan melihat warga miskin tidak memiliki pendapatan.

Hampir setiap hari kala Totok pergi ke kantornya, tidak lupa membawa sekeranjang sayuran dari rumahnya. Kemudian dibagikan kepada masyarakat miskin di kawasan menuju kantor Polsek Mumbulsari.

Sebelum adzan subuh, Totok yang merupakan warga Desa Sanen Rejo, Kecamatan Tempurejo, Jember ini, bersama sang istri membeli sayuran terlebih dahulu di desanya. Dibantu istri dan saudaranya, kemudian ia mempersiapkan sayur mayur tersebut. Sayur itu diletakkan di belakang sepeda motornya dengan dibungkus tas besar.

Polisi bagi-bagi sayur

Usai sholat Subuh, totok bergegas ke Polsek Mumbulsari dengan membonceng satu tas penuh sayuran. Kadang kala, ia juga membawa serta bothok (sayuran matang di bungkus daun) atau kerupuk yang juga di bagi bagikan kepada masyarakat miskin.

Tak pelak, sayuran yang dibawa Totok langsung habis tak kurang dari seperempat jam. Ia kemudian melanjutkan perjalanan menuju ke kantornya untuk menjalankan tugas pokok sehari hari sebagai anggota polisi.

Jarak tempuh ke kantornya sekira 20 kilometer. Sepanjang jalanan desa maupun gang gang kecil, ia mempersilahkan masyarakat mengambil sayuran gratis yang iabawa dari rumahnya.

Menurut Totok, ide ini tercetus dari istrinya. Kala itu, ia memiliki uang Rp100 ribu dan ingin berbagi kepada orang banyak. Jika dibelikan beras dan di bagi bagikan kepada masyarakat, yang diperoleh hanya sedikit.

“Kalau beli nasi bungkus juga hanya sedikit. Bagaimana kalau sayuran? Kalau sayur, meski satu ikat bisa satu keluarga yang makan. Terus sayuran juga banyak mengandung vitamin. Meski tidak seberapa harganya, tapi sangat bermanfaat dan banyak yang dapat,” kata Totok.

Polisi bagi-bagi sayur

Kapolsek Mulbulsari AKP Heri Supadmo mengapresiasi atas aksi yang dilakukan anak buahnya tersebut. Sejatinya, ia tidak pernah tahu ide mulia dari anggotanya itu.

“Aksi bagi-bagi sayur gratis ini bisa menjadi pemicu bagi anggota lainnya. apa yang dilakukan Totok merupakan tindakan mulia dan inspirasi positif untuk berbagi kepada sesama,” papar Heri.

Related posts