Kisah Praka Nanang, Anggota Satgas Perbatasan Yang Ikhlas Ngajar Dan Sebrangkan Sungai Anak-Anak

Berbagisemangat.com – Praka Nanang, anggota TNI yang bertugas sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatanan (Satgas Pamtas) ikhlas mengajar anak-anak di Dusun Klawik, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Selain mengajar, Praka Nanang juga mengerahkan tenaganya untuk memangku anak-anak Dusun Klawik menyebrangi sungai yang tak ada jembatannya.

Walaupun arus sungai sangat deras dan airnya meluap-luap, Praka Nanang tetap menerobos sungai itu setiap pagi. Praka Nanang menyebrangkan anak-anak itus satu per satu menggunakan kekuatan tubuhnya.

Dari foto yang dimuat laman Kopassus.mil.id, seoarang anak berseragam pramuka digendong di atas bahu Praka Nanang. Tangan kiri anak itu memegang erat kepala Praka Nanang, sedangkan tangan kanannya memedang kedua sepatu hitam.

Sementara itu, Praka Nanang yang berbaju dan bertopi loreng itu terlihat tegap berjalan menembus sungai tanpa alas kaki. Di belakang mereka, terlihat seorang anak yang berdiri menunggu giliran untuk disebrangkan Praka Nanang.

/

Kemudian, mereka bersama-sama menuju ke SD Negeri 4 Bakul, Dusun Klawik. Di sana, Praka Nanang membantu memberikan pendidikan secara suka rela kepada siswa.

Hal itu disebabkan kurangnya jumlah guru di SD Negeri 4 Bakul, Dusun Klawik. Terlihat pula potret Praka Nanang tengah mengajar anak-anak didiknya di SD Negeri 4 Bakul.

Walaupun tak didukung sarana dan prasarana yang memadai, Praka Nanang tampak menikmati pekerjaan tersebut. Kini, pihaknya dari Satgas Pamtas pun tengah mengupayakan membangun jembatan di sungai tempat Praka Nanang menyebrangkan anak-anak.

Hal itu dilakukan agar anak-anak tak kesulitan pergi ke sekolah.

Related posts