Kisah Pria 78 Tahun Berani Terobos Demi Salat di Hijir Ismail

Berbagisemangat.com – Mbah Sutar merasa bahagia dan bersyukur bisa melakukan salat sunah di Hijir Ismail. Bagi khalayak awam, bisa melakukan salat sunah di Hijir Ismail, mungkin masih cita-cita, karena butuh proses tenaga ekstra untuk menembus ratusan jemaah yang berkeliling melakukan tawaf.

Di usia 78 tahun, Mbah Sutar mampu melakukan itu. Mbah Sutar merasa dirinya mendapat dorongan kuat untuk menyentuh Ka’bah dan salat di Hijir Ismail

“Alhamdulillah sudah pegang Ka’bah dan menciumnya,” ujar Mbah Sutar kepada petugas haji Daker Mekah, Senin 13 Agustus 2018.

Mbah Sutar sendiri merasa kebingungan, saat berada di samping Ka’bah, karena di riuhnya jemaah haji lain yang melihat dirinya. Mbah Sutar saat itu tak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk berdoa dan salat sunah.

“Saya doa dan salat di Hijir Ismail. Saya juga mencium Hajar Aswad,” ujar Mbah Sutar.

Mbah Sutar, bangga sukses di Hijir Ismail

Bagi Mbah Sutar bisa melaksanakan haji adalah berkah hidupnya. Dia yang seorang petani dan hanya memiliki sapi, akhirnya bisa mendaftarkan berangkat haji delpan tahun lalu.

“Hasil panen saya jual dan belikan sapi. Sapi sudah kelihatan besar, saya jual. Uangnya buat makan dan nabung haji,” ujar Mbah Sutar.

Mbah Sutar menitip pesan kepada masyarakat Indonesia yang belum berangkat haji untuk bisa menabung segera.

“Jika ada rezeki, sisihkan untuk nabung ya,” ujar Mbah Sutar.

Related posts