Kisah Seorang Anak Berumur 12 Tahun Rawat Kedua Orang Tuanya Yang Lumpuh

Kisah diprihatinkan berasal dari anak usia 12 tahun, Babil merawat kedua orang tuanya karena lumpuh yang beralamat di Desa Topejawa, Takalar.

Kedua orang tuanya Karannuang Dg. Sunggu (45) mengidap penyakit alergi tulang sementara bapak Babil, Kamaluddin Dg. Beta (39) mengalami stroke sehingga sudah tidak bisa jalan.

Dg Sunggu memakan penyakitnya selama puluhan tahun dan Dg Beta kurang lebih enam bulan. penyakit stroke yang diderita Dg. Beta membuat tidak bisa bekerja lagi dan belum memeriksakan diri ke rumah sakit lantaran tidak ada yang disetujui.

Anak seusia Babil yang harusnya bermain sekarang menjadi tulang punggung berlibur. Babil juga mengurusi keperluan orang tua, mencuci baju, memandikan hingga orang tua, Babil sendiri yang mencuci.

Keluarga Babil hanya mengharap belas kasihan dari tetangga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
“Ibu sakit sejak Babil berumur 4 tahun, aku sudah beberapa kali berobat tapi tak kunjung membaik.” ungkap Dg Sunggu, Senin 1 Juni 2020

Selanjutnya, Babil yang baru akan beranjak ke Sekolah Menangah Pertama (SMP) ini sebelum hari libur harus bangun subuh untuk memasak dan memberi makan pertanian sebelum berangkat sekolah.

Related posts