Kisah Tukang Becak yang Sakit Parah dan Simpan Uang Rp 49 Juta

Berbagisemangat.com – Tubuh tua itu terlihat lemas di atas jok becak. Kakinya yang dibalut celana usang terlipat. Dia tak bisa leluasa bergerak lantaran lebar becak yang tak terlampau luas.

Hanya sarung tipis yang warnanya telah pudar, membantu menyelimuti tubuh kurusnya. Dialah Asnan, tukang becak yang ditemukan sakit di sekitar Jalan Teratai samping SDK Gabriel Tambaksari. Demikian cerita salah satu anggota karang taruna setempat, Tri Wahyudi, kepada detikcom, Sabtu (24/3/2018).

Asnan yang berusia 72 tahun memang sehari-hari tinggal di atas becak. Sebelum ditemukan dalam keadaan sakit, dia telah terkulai lemas selama beberapa hari. Beberapa anggota Karang Taruna setempat menemukan Asnan pada Rabu (24/3/2018) dengan kondisi pucat di atas becaknya. Tubuhnya demam tinggi.

“Kita temukan sekitar pukul 1-2-an dalam kondisi demam,” ujar Tri Wahyudi.

Mereka melaporkan kejadian ini ke pihak Kecamatan Tambaksari. Asnan dilarikan ke RSUD Dr Soetomo, sedang Tri bersama rekannya mencoba mencari identitas Asnan. Tri ingin menghubungi pihak keluarga Asnan terkait kondisinya kini.

Di becak, banyak ditemukan barang-barang pribadi Asnan. Mulai dari perlengkapan mandi seperti sikat gigi hingga sabun. Ada pula beberapa pasang pakaian yang sudah usang.

Kala mencari identitas di sekitar becak, Tri menemukan hal lain. Ada sebuah tas kresek yang berisi setumpuk uang pecahan Rp 2.000 hingga Rp 100 ribu yang digulung dan diikat karet gelang. Melihat ini, dia dan kawannya langsung menghubungi pihak kecamatan untuk mengamankan.

Sampai di kantor kecamatan, petugas mulai menghitung besaran uang milik Asnan. Mereka terkejut lantaran dalam tas kresek itu terdapat uang berjumlah Rp 48.970.000.

Asnan kini berada di RSUD Dr Soetomo, Jalan Karangmenjangan Surabaya. Dia didiagnosa menderita penyakit TBC.

Related posts